Awal Bursa Eropa 5 Oktober Tertekan Komentar Hawkish Fed dan Kebijakan ECB

496

Bursa Saham Eropa lebih rendah di awal perdagangan Rabu (05/10), karena investor mencerna komentar hawkish dari pejabat AS Federal Reserve dan laporan bahwa para pembuat kebijakan di Eropa sedang berupaya mengurangi pembelian aset.

Indeks FTSE berada pada 7.060,04, turun -14,30 poin atau -0,20%

Indeks DAX berada pada 10.539,52, turun -80,09 poin atau -0,75%

Indeks CAC berada pada 4.468,81, turun -34,28 poin atau -0,76%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.723,50, turun -45,50 poin atau -0,52%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,99 persen, memulai hari perdagangan melemah.

Investor bereaksi terhadap pernyataan terbaru dari pejabat Fed mengindikasikan kenaikan suku bunga yang akan datang. Pada hari Selasa, Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan ada kasus yang kuat untuk menaikkan suku bunga, sedangkan pada hari Rabu, dalam sebuah pidato di Selandia Baru, Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan ia akan “baik-baik saja” dengan kenaikan suku bunga pada akhir tahun jika data tetap mendukung, Reuters melaporkan.

Lihat : Fed Evans : Setuju Kenaikan Suku Bunga AS di Akhir Tahun

Sementara itu di Eropa, dalam laporan Bloomberg, Selasa mengatakan Bank Sentral Eropa (ECB) mungkin mengurangi pembelian obligasi sebelum program pelonggaran kuantitatif di akhir Maret berakhir. ECB kemudian membantah telah membahas subjek tersebut, Reuters melaporkan.

Di tempat lain, kekhawatiran atas Brexit terus membebani sterling, dengan mata uang mencapai terendah 31-tahun terhadap dolar pada Selasa. Di pasar komoditas, harga emas naik lebih tinggi pada Rabu pagi, setelah jatuh 3,3 persen pada sesi sebelumnya terendah dalam lebih dari tiga bulan, karena dolar melemah kembali dan ekuitas jatuh, Reuters melaporkan. Penambang logam mulia Fresnillo dan Randgold Resources melemah tajam sebagai hasilnya.

Harga minyak juga naik pada awal perdagangan Rabu setelah sebuah laporan bahwa persediaan minyak mentah AS mungkin telah jatuh selama seminggu lurus kelima, tetapi sektor minyak dan gas secara luas lebih rendah.

Di sisi pendapatan, jaringan supermarket Inggris Tesco melaporkan 60,2 persen kenaikan tahun-ke-tahun pada babak pertama laba operasi sebelum pos luar biasa, mengirimkan saham melonjak lebih dari 8 persen lebih tinggi. Ini membantu menarik ke atas saham lainnya di sektor ini termasuk WM Morrison, Sainsbury dan Perancis Casino, yang mendapat upgrade target harga dari HSBC.

Saham Deutsche Bank yang lebih tinggi setelah buletin pasar Jerman Platow Brief melaporkan bahwa pemberi pinjaman adalah melihat penyelesaian dari sekitar $ 4-5 miliar pada akhir Oktober dengan Departemen Kehakiman AS, jauh lebih rendah dari $ 14 miliar.

Pengawas pasar Perancis memblokir pengambilalihan yang diusulkan dari SFR oleh Altice. Saham SFR yang jauh di dalam wilayah negatif sementara Altice juga diperdagangkan lebih rendah.

Sore ini akan dirilis data ekonomi zona Eropa yang diindikasikan melemah. Data Markit Services dan Markit Composite September Jerman dan Zona Eropa diindikasikan turun. Demikian juga data Retail Sales Agustus Zona Eropa diindikasikan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan bergerak lemah jika data ekonomi terealisir melemah. Namun juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street .

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here