Bursa Eropa Berakhir Lemah Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

638

Pasar Saham Eropa berakhir lemah pada akhir perdagangan Selasa tertekan pelemahan minyak mentah dan investor mencermati laporan laba perusahaan.

Indeks FTSE berakhir pada 7.070,88, turun -26,62 poin atau -0,38%

Indeks DAX berakhir pada 10.577,16, turun -46,92 poin atau -0,44%

Indeks CAC berakhir pada 4.471,74, turun -25,52 poin atau -0,57%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 8.693,20, turun -8,30 poin atau -0,10%

Indeks Pan-Eropa Indeks Euro Stoxx 600 ditutup 0,53 persen lebih rendah.

Setelah melompat sebanyak 3 persen pada hari Senin, harga minyak tetap menjadi fokus utama bagi investor pada hari Selasa, karena harga melihat tekanan baru dalam perdagangan.

Pada hari Senin, produsen minyak utama Arab Saudi dan Rusia mengatakan kesepakatan antara OPEC dan produsen non-OPEC memungkinkan. Namun, investor menunjukkan keraguan pada Selasa apakah kesepakatan potensial ini akan cukup, dengan Goldman Sachs menerbitkan catatan sendiri, di mana ia mengatakan skeptis tentang kesepakatan itu.

Pada saat pasar ditutup di Eropa, minyak mentah Brent melayang sekitar $ 52,46 per barel, sementara AS WTI terakhir berdiri sekitar $ 50,75. Sektor sumber dasar juga di bawah performa, menutup lebih dari 2 persen ke bawah, karena harga logam membukukan kerugian yang tajam pada perdagangan Selasa.

Berita politik juga bisa memiliki pengaruh pada pasar pada hari Selasa, setelah poling menunjukkan calon presiden Demokrat Hillary Clinton telah menggandakan keunggulan terhadap saingannya dari Partai Republik Donald Trump.

Menurut terbaru jajak pendapat NBC News / Wall Street Journal, Trump sekarang memegang dukungan dari 38 persen pemilih kemungkinan. Dukungan untuk Hillary Clinton, sementara itu, telah meningkat menjadi 52 persen.

Dalam berita saham individu, produsen polimer Victrex adalah pemain top dalam STOXX 600, naik lebih dari 8 persen setelah pendapatan kuartal keempat mengalahkan ekspektasi.

Perusahaan rumah barang mewah Perancis LVMH melaporkan kenaikan penjualan kuartal ketiga setelah penutupan pada hari Senin, dengan saham rally 4,5 persen. Berita tersebut mendorong saham lain di sektor mewah, termasuk Christian Dior, Swatch dan Richemont.

Airbus menyatakan rencananya untuk memperlambat laju perakitan jet A380 untuk 1 pesawat per bulan dari 2018, mengirimkan saham perusahaan turun lebih dari 2 persen. Sentimen terhadap saham tidak dibantu oleh target harga dipotong dari Deutsche Bank.

Penurunan di bagian bawah dari STOXX 600 adalah Old Mutual, berakhir 5,5 persen turun, setelah kelompok aset bisnis manajemen UK mengumumkan penurunan tajam dalam arus masuk client kuartal ketiga dan biaya platform investasi yang lebih tinggi, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati perkembangan harga minyak mentah serta bursa global.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here