Ekspor September Tiongkok Anjlok 10 Persen, Surplus Perdagangan Menyusut

704

Ekspor September Tiongkok turun 10 persen dari tahun sebelumnya, jauh lebih buruk dari yang diperkirakan, sementara impor secara mengejutkan menyusut 1,9 persen setelah naik pada bulan Agustus, menunjukkan tanda-tanda kemantapan ekonomi Tiongkok mungkin tidak bertahan lama.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan impor naik 1 persen, setelah secara tak terduga maju 1,5 persen pada Agustus untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun pada permintaan kuat untuk batubara serta komoditas lain seperti bijih besi yang meningkat dengan adanya lonjakan aktifitas konstruksi.

Ekspor telah diperkirakan turun 3 persen, sedikit lebih buruk dari pada bulan Agustus karena permintaan global untuk barang-barang Asia tetap sangat lemah.

Hasil ini membuat Tiongkok bukukan surplus perdagangan sebesar $ 41,99 miliar pada bulan tersebut, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok melaporkan pada Kamis (13/10). Surplus ini menurun dari perkiraan analis dan hasil sebelumnya.

Para analis telah memperkirakan surplus perdagangan untuk memperluas ke $ 53 miliar September dari Agustus ini $ 52050000000.

Reboundnya harga komoditas global dalam beberapa bulan terakhir telah membantu memperluas ekspor dan impor dari kemerosotan tajam di Tiongkok, namun perdagangan luar negeri negara itu masih menghadapi tekanan ke bawah yang signifikan, kantor berita Xinhua melaporkan pekan lalu, mengutip Shen Danyang, juru bicara Kementerian Perdagangan.

Bulan lalu, Organisasi Perdagangan Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan perdagangan global tahun ini dengan lebih dari sepertiga menjadi 1,7 persen, mencerminkan perlambatan di Tiongkok dan jatuhnya impor ke Amerika Serikat.

Ekonomi Tiongkok telah menunjukkan tanda-tanda kemantapan dalam beberapa bulan terakhir, namun kondisinya tidak rata, dengan perusahaan industri besar memperluas aktivitas mereka dan melihat keuntungan yang lebih tinggi, sementara perusahaan kecil terus berjuang.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok juga telah menjadi lebih tergantung pada belanja infrastruktur pemerintah dan booming perumahan sementara investasi swasta dan ekspor tetap lamban.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here