Stoxx Europe600 Index Turun 1,1%, Terendah Tiga Bulan

646

Saham Eropa menuju level terendah tiga bulan sebagai penurunan tak terduga dalam nilai ekspor Tiongkok yang memicu kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi global.

Stoxx Europe 600 Index turun 1,1 persen pada 08:22 di London. Semua dari 19 kelompok industri meluncur, dipimpin BHP Billiton Ltd dan Rio Tinto Group, anjlok terburuk setelah data pencapaian ekspor di konsumen komoditas terbesar dunia turun paling buruk dalam tujuh bulan. DAX Indeks Jerman turun 1,3 persen, terseret industri pembuat mobil dan Deutsche Bank AG.

Kekhawatiran tentang kinerja keuangan emiten dan spekulasi tentang kebijakan moneter AS membebani bursa saham Eropa, menempatkan Stoxx 600 di jalur penurunan mingguan ketiga.

Harga saham Tesco Plc mundur 3 persen setelah toko online-nya tidak menunjukkan ketersediaan berbagai pilihan produk Unilever di tengah laporan adanya konflik diantara kedua perusahaan berkaitan dengan kenaikan harga dampak Brexit. Sports Direct International Plc turun 1,4 persen setelah pejabat sementara Chief Financial Officer Matt Pearson mengundurkan diri.

ProSiebenSat.1 Media SE naik 1 persen setelah menaikkan proyeksi penjualan sampai akhir tahun 2016, 2017 dan 2018. Booker Group Plc naik 1,8 persen setelah perusahaan ini mennyampaikan adanya “kemajuan yang baik” dalam katering dan ritel bisnis serta posisi perusahaan yang berada di trek untuk mencapai perkiraan tahunan.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here