Beige Book The Fed : Ekonomi AS Sebagian Besar Positif Dengan Pengetatan Pasar Tenaga Kerja

615

Ekonomi AS mempertahankan laju pertumbuhan yang stabil antara akhir Agustus hingga awal Oktober, dengan pengetatan pasar tenaga kerja dipicu tekanan upah baru yang berkontribusi pada proyeksi “sebagian besar positif”, demikian laporan Beige Book dari 12 distrik Federal Reserve menunjukkan Rabu (19/10).

“Sebagian besar distrik menunjukkan kecepatan ekspansi moderat atau sedang,” menurut Fed Beige Book terbaru, survei ekonomi oleh Federal Reserve. “Pandangan yang sebagian besar positif, dengan pertumbuhan diperkirakan akan terus dalam kecepatan sedikit sampai sedang di beberapa distrik.”

Pasar kerja “tetap ketat” dengan pekerjaan sederhana dan pertumbuhan upah, menurut laporan yang dirilis di Washington. Di distrik San Francisco, beberapa pemilik usaha kecil mengatakan mereka perlu membawa kembali manfaat kesehatan untuk menarik pelamar.

“Pertumbuhan upah diadakan cukup stabil pada tingkat yang moderat, meskipun beberapa distrik melaporkan meningkatnya tekanan untuk sektor-sektor tertentu,” kata laporan itu. Tiga distrik – Dallas, Richmond dan San Francisco – mencatat kekurangan pekerja konstruksi, yang dalam beberapa kasus terkendala aktivitas bangunan.

Sebuah pasar tenaga kerja yang ketat belum mengangkat inflasi dengan target Fed 2 persen. Laporan ini ditandai pertumbuhan harga secara umum sebagai “ringan”, sebagai produsen di Midwest melaporkan harga yang lebih rendah untuk barang jadi dan industri perhotelan di Pantai Barat melihat keuntungan harga yang sederhana.

Perumahan diperluas di sebagian besar distrik, dan di beberapa distrik menyatakan optimisme tentang pertumbuhan di masa depan kata Beige Book. Meski begitu, persediaan rumah dilaporkan cukup rendah untuk menahan penjualan di beberapa distrik.

Sektor minyak dan gas menunjukkan tanda-tanda stabilisasi, dan Fed Dallas berharap bisnis energi 2017 menjadi tahun yang lebih baik, kata laporan itu.

Komersial kontak real-estate di beberapa distrik menyatakan keprihatinan tentang ketidakpastian ekonomi sekitar pemilihan presiden AS 8 November.

Beige Book, diterbitkan delapan kali dalam setahun, komentar dirangkum diterima dari kontak bisnis di seluruh distrik. Hal ini disiapkan oleh Fed Dallas berdasarkan informasi yang dikumpulkan pada atau sebelum 7 Oktober.

Panel pengaturan kebijakan Fed berikutnya bertemu 1-2 November. Investor melihat sekitar 17 persen kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan itu menjelang laporan, menurut harga federal kontrak dana berjangka, dan lebih dari 60 persen kemungkinan bahwa mereka akan meningkatkan tingkat pada pertemuan 13-14 Desember.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here