Bursa Eropa 28 November Bergerak Lemah Terpicu Kondisi Politik Italia dan Penurunan Minyak Mentah

420

Pasar Saham Eropa bergerak lemah di awal perdagangan Senin (28/11) di tengah ketidakpastian politik di Italia dan pudarnya harapan pemotongan produksi OPEC yang mendorong harga minyak lebih rendah.

Indeks FTSE berada pada 6.783,88, turun -56,87 poin atau -0,83%

Indeks DAX berada pada 10.598,83, turun -100,44 poin atau -0,94%

Indeks CAC berada pada 4.511,98, turun -38,29 poin atau -0,84%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.645,80, turun -28,60 poin atau -0,33%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,82 persen.

Investor semakin khawatir atas referendum mendatang di Italia yang berpotensi menyebabkan jatuhnya pemerintah Italia dan meningkatkan kekhawatiran selama rekapitalisasi sistem perbankan.

Saham perbankan Italia dan pemberi pinjaman kawasan eropa lainnya berada di bawah tekanan pada Senin. Unicredit diperdagangkan lebih rendah setelah Barclays menurunkan target harga untuk saham. Spanyol Banco Popular berada di wilayah negatif setelah Credit Suisse menurunkan target harga pada saham.

Sementara itu, harga minyak jatuh pada Senin karena ketidakpastian atas kesepakatan OPEC. Anggota OPEC mengadakan pertemuan bilateral ketika mereka mencoba untuk mencapai kesepakatan pada pertemuan umum pada hari Rabu.

Libya National Oil Corporation (NOC) mengatakan pada hari Minggu itu tidak akan mengambil bagian dalam pengurangan produksi OPEC untuk “masa mendatang”, menurut Reuters, dan Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih juga mengatakan bahwa ia percaya pasar minyak akan seimbang sendiri tahun depan bahkan jika produsen tidak melakukan intervensi. Sektor minyak dan gas STOXX 600 melemah tajam.

Dalam berita perusahaan, Aberdeen Asset Management melaporkan penurunan 28 persen dalam laba sebelum pajak untuk setahun penuh sampai akhir September. Perusahaan melaporkan arus keluar bersih dari £ 32800000000 ($ 41 milyar) tetapi mengatakan bahwa nilai aset di bawah manajemen naik 10 persen meskipun arus keluar. Hal ini memberikan optimisme investor mengirimkan saham naik tajam.

Sementara itu, manajer aset yang tercatat di London Man Group diperdagangkan di dekat bagian bawah STOXX 600 setelah Exane BNP Paribas menurunkan target harga pada saham sebesar 20 persen.

Actelion diperdagangkan di wilayah positif setelah Johnson & Johnson mengkonfirmasi pada Jumat itu dalam pembicaraan awal untuk pengambilalihan perusahaan bioteknologi Swiss.

Saham sumber daya dasar mengungguli pasar yang lebih luas pada Senin karena indeks dolar – yang melacak greenback terhadap sekeranjang mata uang – ditarik kembali pada Senin di tengah penurunan harga minyak.

Hal ini menyebabkan kenaikan harga emas membantu mendorong penambang logam mulia Fresnillo dan Randgold Resources lebih tinggi. Logam lainnya juga diperdagangkan lebih tinggi memberikan dorongan untuk sektor pertambangan yang lebih luas.

Di depan data, Prancis akan merilis pembacaan akhir PDB (produk domestik bruto) untuk kuartal ketiga dan Presiden Mario Draghi Bank Sentral Eropa akan berbicara di Parlemen Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data PDB kuartal ketiga Perancis dan pidato Presiden ECB Mario Draghi, juga mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here