Pertemuan G-20 Tekankan Ketahanan Ekonomi, Dukung Pasar Terbuka

640

Para pemimpin keuangan dunia mengadopsi daftar prinsip-prinsip pada hari Sabtu untuk meningkatkan ketahanan ekonomi mereka terhadap goncangan di masa depan, termasuk saran untuk memperkuat kerangka kebijakan untuk meraih keuntungan dari pasar terbuka.

“Risiko untuk ekonomi global tentu saja terus bertahan, bahkan ada yang mengatakan telah agak meningkat,” kata Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble pada hari Sabtu (18/03) saat konferensi pers pada akhir pertemuan G20 di Baden-Baden.

Schaeuble menambahkan bahwa penguatan ketahanan ekonomi terhadap goncangan di masa depan adalah salah satu prioritas dari presiden G20 Jerman.

Schaeuble mengatakan mengadopsi daftar prinsip-prinsip termasuk rekomendasi kebijakan misalnya peraturan pasar tenaga kerja, tetapi juga untuk perdagangan internasional dan “pentingnya pasar terbuka”.

Dokumen yang diadopsi, yang diperoleh salinan dari Reuters, berjudul “Catatan Tentang Prinsip Ketahanan dalam Ekonomi G20”. Daftar ini diorganisir sekitar lima tema luas – sektor riil, keuangan publik, keuangan pribadi, kebijakan moneter dan sektor eksternal.

Daftar ini mencakup saran untuk “memperkuat fondasi ekonomi makro dan kerangka kebijakan untuk menuai keuntungan dari keterbukaan terhadap perdagangan dan arus modal internasional”.

Hal ini juga meminta pemerintah untuk “memastikan bahwa manfaat dari perdagangan secara luas dibagi di seluruh ekonomi”.

Pada bagian keuangan publik, ia mengatakan pemerintah harus memastikan bahwa utang publik adalah pada jalur yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan “tekanan fiskal struktural jangka panjang”.

Dalam komunike utama mereka, negara-negara G20 berjanji untuk mempertahankan sistem perdagangan global yang terbuka dan inklusif setelah mampu untuk menemukan kompromi yang cocok dengan semakin proteksionisnya Amerika Serikat.

Dalam sebuah referensi yang jelas untuk proposal AS untuk memperkenalkan pajak perbatasan untuk mendukung ekspor atas impor, dokumen terpisah pada ketahanan memperingatkan terhadap efek spillover negatif dari tindakan kebijakan individu.

Kepala ekonom Dana Moneter Internasional Maurice Obstfeld memperingatkan pada Senin bahwa proposal AS untuk merombak kode pajak AS dengan mendukung ekspor atas impor bisa memiliki efek spillover ke negara lain seperti Arab Saudi sebagai ukuran itu mungkin untuk memperkuat dolar.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here