Optimisme Konsumen Inggris Bulan Mei Naik Tertinggi 4 Bulan

537

Kepercayaan konsumen Inggris meningkat ke level tertinggi empat bulan di bulan Mei, namun rumah tangga tertekan mengenai prospek ekonomi, dengan inflasi sejak pemungutan suara Brexit tahun lalu masuk dalam harga di toko-toko, dua survei menunjukkan.

Perusahaan riset pasar GfK yang mengukur tentang moral konsumen naik menjadi -5 dari -7 pada bulan April, mengalahkan semua perkiraan dalam jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom yang telah menunjuk ke penurunan ke -8.

united-kingdom-consumer-confidence@2x

Secara keseluruhan, survei tersebut mengindikasikan kepercayaan konsumen yang mantap dengan standar historis, lebih dari seminggu sebelum warga Inggris memilih pada pemilihan awal yang menurut jajak pendapat akan memperpanjang masa jabatan Perdana Menteri Theresa May.

Permintaan konsumen tidak melambat secepat kemerosotan data penjualan retail resmi kuartal pertama yang sebelumnya disarankan, meskipun kenaikan inflasi – didorong oleh biaya energi dan penurunan tajam pound setelah voting Brexit bulan Juni – belum sepenuhnya masuk ke rumah tangga.

Sebuah survei terpisah dari British Retail Consortium (BRC) menunjukkan harga toko turun bulan lalu dengan laju paling lambat sejak 2013, dengan harga pangan – yang cenderung berubah lebih cepat dari barang lainnya – memimpin pergerakan ke atas.

Meskipun Perdana Menteri Theresa May mengadakan pemilihan pada 8 Juni untuk memperkuat mandatnya menjelang perundingan untuk meninggalkan Uni Eropa, Partai Buruh oposisi telah banyak berfokus pada standar hidup yang menurun.

Ketenagakerjaan mencapai rekor tertinggi, namun pertumbuhan upah tahunan dalam tingkat inflasi disesuaikan mendekati nol.

Survei BRC menunjukkan harga toko turun 0,4 persen tahun ke tahun di bulan Mei, penurunan tahunan terkecil sejak November 2013 dan kurang dari penurunan dari penurunan 0,5 persen di bulan April.

Harga makanan – yang menurut BRC bereaksi lebih cepat terhadap tekanan inflasi – naik 1,4 persen tahun ke tahun dibandingkan dengan bulan April yang sebesar 0,9 persen, kenaikan terbesar mereka dalam tiga tahun.

Proporsi terbesar perusahaan jasa Inggris yang tercatat diperkirakan akan menaikkan harga, menurut survei Komisi Eropa pada hari Selasa yang menunjukkan permintaan turun ke level terendah empat tahun di bulan Mei.

Laporan lain dari Lloyds Bank juga menunjukkan kepercayaan bisnis turun tajam di bulan Mei menjadi sedikit di bawah rata-rata jangka panjang setelah mencapai level tertinggi 17 bulan di bulan sebelumnya, yang dipimpin oleh penurunan sentimen produsen.

Survei bisnis Markit / CIPS yang dijadwalkan akhir pekan ini akan menjelaskan lebih jauh bagaimana ekonomi Inggris bergerak setelah melambat hampir merangkak dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Survei GfK dilakukan atas nama Komisi Eropa dan didasarkan pada 2.000 orang yang diwawancarai antara tanggal 1 dan 15 Mei. Data Lloyds berasal dari sekitar 200 perusahaan yang dihubungi antara 15 Mei dan 19 Mei.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here