Bursa Global Menguat Didukung Berlanjutnya Penguatan Saham Teknologi

807

Saham global menguat karena saham teknologi terus rebound dan komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve yang meredakan kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi Amerika Serikat.

Saham teknologi di MSCI All-Country World Index menguat untuk hari kedua, setelah Indeks Nasdaq 100 melonjak paling tinggi sejak November. Saham Jepang naik ke level tertinggi sejak Agustus 2015. Bursa saham Hong Kong mundur menjelang keputusan MSCI Inc. mengenai apakah memasukkan saham-saham perusahaan lokal Tiongkok ke dalam hitungan indeks tersebut. Keputusan MSCI diperkirakan akan dilakukan Selasa setelah penutupan pasar A.S.

Treasuries jatuh Senin setelah Presiden Fed New York, Presiden William Dudley mengatakan bahwa menghentikan siklus pengetatan sekarang akan membahayakan ekonomi.

Pejabat Fed pekan lalu menaikkan suku bunga acuan untuk ketiga kalinya dalam enam bulan dan terus mendorong rencana untuk mulai mengurangi neraca bank sentral senilai $ 4,5 triliun akhir tahun ini, meski ada kekhawatiran bahwa tindakan ini akan mengulur inflasi.

Saham

Stoxx Europe 600 meningkat 0,3 persen pada pukul 8:21 pagi di London.
Topix Jepang naik 0,7 persen ke level tertinggi sejak Agustus 2015 di tengah melemahnya yen.
Indeks S & P / ASX 200 Australia tergelincir 0,8 persen. Bank-bank terbesar di negara itu mundur menyusul penurunan peringkat dari Moody’s Investors Service.
Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,3 persen, membalikkan kenaikan sebelumnya sebesar 0,5 persen, dan Shanghai Composite Index turun 0,1 persen.

Mata uang

Yen turun 0,2 persen menjadi 111,77 per dolar ke level terendah sejak 26 Mei. Mata uang tersebut turun 0,6 persen pada hari Senin. Won Korea Selatan turun 0,3 persen.
Dolar Selandia Baru naik 0,3 persen, membalikkan penurunan sebelumnya.
Euro bergerak datar di $ 1,1146 dan pound Inggris naik 0,1 persen menjadi $ 1,2752.

Obligasi

Imbal hasil pada Treasuries 10 tahun turun tipis menjadi 2,19 persen, setelah naik empat basis poin pada hari Senin.
Sementara imbal hasil imbal 10 tahun Australia meningkat satu basis poin menjadi 2,42 persen dan obligasi Inggris menambah satu basis poin.

Komoditi

Harga minyak naik 0,3 persen menjadi $ 44,32 per barel, setelah menetap di level terendah sejak November pada hari Senin kemarin, karena para nvestor menimbang perkiraan adanya penurunan stok minyak mentah A.S. dan meningkatnya hasil produksi Libya.
Harga emas naik 0,2 persen menjadi $ 1,246.88 per ounce, setelah penutupan Senin di level terendah di lebih dari sebulan.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here