Bursa Eropa Berakhir Kuat Pasca Penyelamatan Dua Bank Italia

777

Bursa Eropa ditutup menguat pada hari Senin malam (26/06) terdukung kenaikan saham perbankan setelah berita bahwa Italia telah mencapai kesepakatan untuk menyelamatkan dua bank regional negara yang sakit.

Indeks FTSE berakhir pada 7446.80, naik 22,67 poin atau 0,31%

Indeks DAX berakhir pada 12770.83, naik 37,42 poin atau 0,29%

Indeks CAC berakhir pada 5296, naik 31 poin atau 0,59%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10696.60, naik 65.80 poin atau 0,62%

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir dengan 0,37 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Sektor makanan dan minuman Eropa melonjak 2 persen pada hari Senin. Nestle memimpin kenaikan setelah investor Daniel Loeb Third Point LLC meluncurkan lebih dari 1 persen saham di perusahaan Swiss tersebut pada hari Minggu, Reuters melaporkan. Saham 3,28 miliar Swiss franc ($ 3,4 miliar) merupakan saham terbesar yang pernah diambil oleh hedge fund. Saham Nestle naik lebih dari 4 persen.

Otoritas Italia mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan siap untuk menghabiskan dana sebesar 17 miliar euro sebagai bagian dari penutupan dua bank regional, dalam sebuah kesepakatan yang mengatur untuk mentransfer aset terbaik bank tersebut kepada Intesa Sanpaolo dengan jumlah nominal. Langkah tersebut dilakukan dua hari setelah Bank Sentral Eropa (ECB) memperingatkan bahwa Banca Popolare di Vicenza dan Veneto Banca kemungkinan akan gagal. Saham Intesa Sanpaolo naik 3,5% pada Senin.

Harga minyak naik untuk sesi ketiga berturut-turut pada hari Senin, meskipun peningkatan aktivitas pengeboran A.S. yang tiada henti muncul untuk kenaikan keuntungan. Minyak mentah Brent diperdagangkan pada kisaran $ 45,82 per barel sementara minyak mentah A.S. berada di $ 43,40.

Dalam data ekonomi, bisnis Jerman lebih positif dari sebelumnya di bulan Juni, menurut sebuah survei bisnis yang diawasi ketat. Indeks iklim bisnis keseluruhan Institute for Economic Research secara tak terduga meningkat menjadi mencapai 115,1 di bulan Juni, naik dari rekor tertinggi sebelumnya di 114,6 di bulan Mei.

Di Inggris, partai Konservatif sayap kanan mengatur kesepakatan yang disebut supply and confidence dengan Partai Persatuan Demokratik (DUP) pada hari Senin. Kesepakatan tersebut, yang datang setelah dua minggu perundingan, akan melihat DUP mendukung pemerintah minoritas Perdana Menteri Theresa May.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street, mengingat belum ada data ekonomi eropa penggerak hari ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here