Indeks Nikkei 27 Juni Naik Mendekati Level Tertinggi Dua Tahun Terdukung Pelemahan Yen

613
indeks nikkei

Indeks Nikkei Jepang naik tipis mendekati level tertinggi dua tahun pada hari Selasa (27/06) pagi karena pelemahan yen membantu saham exportir menguat, sementara saham keuangan rebound dari penurunan Senin kemarin.

Nikkei naik 60,27 poin, atau 0,30 persen, pada level 20.213,62. Indeks melonjak tinggi pekan lalu di level 20.318,11, level tertinggi sejak Agustus 2015.

Dolar menguat tajam pada hari ini, mendorong ke level tertinggi satu bulan terhadap yen karena investor menunggu untuk melihat apakah Ketua Federal Reserve Janet Yellen tetap berpegang pada prospek ekonomi positifnya.

Dolar berada di level 112,03 yen, tertinggi sejak 24 Mei.

Perdagangan saham pada sesi ini, saham eksportir menguat, dengan Toyota Motor Corp naik 0,7 persen, Panasonic Corp melonjak 1,5 persen dan Canon Inc menguat 0,7 persen.

Sahan keuangan juga naik, dengan bank dan perusahaan asuransi naik 0,9 persen dan 0,8 persen.

Mizuho Financial Group naik 0,6 persen, Dai-ichi Life Holdings bertambah 1,0 persen dan T & D Holdings melonjak 1,5 persen.

Takata Corp yang bermasalah, telah mengajukan perlindungan kebangkrutan di Amerika Serikat dan Jepada pada hari Senin, saham tidak diperdagangkan pada perintah jual dan ditandai dengan penurunan pada 110 yen, batas terendah harian.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei akan bergerak positif jika pelemahan yen terus berlanjut.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here