Alibaba Kuasai 83 Persen Saham Lazada Untuk Menangkan Pasar E-Commerce Asia Tenggara

1256

Alibaba Group Holding Ltd. akan menginvestasikan $ 1 miliar lagi untuk meningkatkan kepemilikan sahamnya di mal online Lazada Group SA menjadi 83 persen, mengamankan kontrol perusahaan startup yang tumbuh cepat di garda depan ekspansi Asia Tenggaranya.

Pemimpin e-commerce Tiongkok ini membeli sebagian besar dalam sebuah kesepakatan yang menghargai startup berbasis di Singapura dengan harga $ 3,15 miliar, CEO Lazada Maximilian Bittner mengatakan, dengan manajemen dan Temasek Holdings Pte, sebagai satu-satunya investor lain yang tersisa. Pemegang Lazada sebelumnya termasuk rantai supermarket Inggris Tesco Plc dan Investment AB Kinnevik.

Alibaba menguasai Lazada tahun lalu dari Rocket Internet dalam kesepakatan senilai $ 1 miliar, sebagai langkah luar negeri terbesarnya sampai saat ini. Perusahaan yang dipimpin Bittner yang dimulai pada tahun 2012, sekarang sangat penting untuk mempercepat merebut pengecer online Tiongkok di luar negeri, memenuhi ambisi miliarder Jack Ma untuk menjadikan bisnisnya benar-benar global.

Kepemilikan Lazada membentuk medan pertempuran berikutnya bagi Alibaba dan saingan utama dari Tiongkok, JD.com Inc., dan Amazon.com Inc. di jalan. Meski masih kekurangan infrastruktur transportasi dan pembayaran yang penting bagi adopsi e-commerce yang meluas, kawasan Asia Tenggara ini telah menjadi arena internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan populasi lebih dari 600 juta semakin nyaman dengan belanja dan pembayaran online.

Bittner mengatakan hal ini jelas memungkinkan Alibaba untuk memperluas jejak globalnya, membuat akses mereka tak tertandingi kepada pengguna. Bittner menambahkan bahwa penetrasi e-commerce di Asia Tenggara hanya sekitar 3 persen, sehingga kemitraan merupakan langkah penting.

Amazon belum menyuarakan niatnya untuk Asia Tenggara, namun harapan industri untuk meraih pertumbuhan stabil akan menuntunnya ada di area ini pada awal tahun ini. Kini setelah Alibaba memperkuat dominasinya di Tiongkok dan Amazon telah memimpin di A.S., keduanya ingin membuat ekspansi mereka di luar negeri. JD, yang preferensi untuk membangun distribusinya sendiri lebih dekat dengan cermin Amazon, juga dikatakan sedang dalam pembicaraan untuk menginvestasikan ratusan juta dolar di pasar online Indonesia Tokopedia.

Alibaba, yang meski dalam skala kecilnya masih memperoleh sebagian besar pendapatannya dari Tiongkok, telah menjadi yang paling agresif sejauh ini. Alibaba mengupayakan kehadirannya secara regional untuk mengantisipasi masuknya Amazon, dimulai dengan 51 persen yang dimiliki Lazada. Ma pergi ke Kuala Lumpur pada bulan Maret untuk mengumumkan Malaysia sebagai pusat logistik pertamanya di luar Tiongkok.

Indonesia, negara dengan jumlah penduduk terpadat keempat di dunia, dianggap sebagai pasar yang paling menjanjikan di kawasan ini. Negara ini melakukan perbandingan dengan Tiongkok satu dekade yang lalu, dengan kurangnya infrastruktur ritel, basis pengguna mobile yang meledak, dan keinginan kelas menengah untuk menikmati kenyamanan dan barang berkualitas.

Lazada sendiri menguasai enam negara – Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam – dan mengelola sekitar selusin gudang dan sejumlah pusat distribusi dimana ia menyampaikan barang secara langsung kepada pembeli. Perusahaan ini bersaing dengan saingan yang didanai dengan baik dari MatahariMall to Sea Ltd., namun Bittner mengatakan bahwa Lazada dapat mengandalkan keahlian Alibaba.

Tahun ini, keduanya memperkenalkan Alibaba’s Taobao online bazaar ke Singapura melalui situs yang didedikasikan. Ini juga membantu Lazada membuat program loyalitas dan layanan online yang menawarkan UberEats dan Netflix bersamaan dengan pengiriman gratis dari Taobao Alibaba dan toko online Redmart. Ini adalah pertama kalinya perusahaan A.S. bersama-sama menciptakan program penghargaan online, kata Bittner pada saat itu.

Chief Executive Officer Alibaba Daniel Zhang menyatakan pasar e-commerce di wilayah Asia Tenggara ini masih tergolong belum tergali, dan melihat lintasan ke atas yang sangat positif di depan. Zhang menyatakan akan terus menempatkan sumber dayanya untuk bekerja di Asia Tenggara melalui Lazada untuk menangkap peluang pertumbuhan ini.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here