Inflasi Juni Jerman Meningkat Melebihi Perkiraan

967

Inflasi konsumen Jerman meningkat secara tak terduga pada bulan Juni didorong oleh kenaikan biaya makanan dan jasa, data menunjukkan pada hari Kamis (29/06), menunjukkan kenaikan yang kuat di ekonomi terbesar Eropa ini.

Inflasi Jerman tercatat 1,6 persen, lebih tinggi dari konsensus 1,4 persen, juga lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya pada 1,5 persen.

Harga konsumen, yang disesuaikan untuk dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya (HICP), naik 1,5 persen pada tahun ini setelah tingkat inflasi 1,4 persen pada bulan sebelumnya, Kantor Statistik Federal mengatakan. Pada bulan tersebut, harga naik 0,2 persen.

Kedua angka tersebut menguat lebih kuat dari yang diperkirakan, dengan jajak pendapat Reuters telah menunjukkan kenaikan 1,3 persen pada tahun ini dan pembacaan yang tidak berubah pada bulan tersebut.

Rincian data non-harmonisasi menunjukkan bahwa biaya energi tidak berubah di bulan Juni sementara inflasi pangan dan jasa meningkat.

Data tersebut muncul hanya beberapa hari setelah kepala ECB Mario Draghi mengisyaratkan bahwa program pembelian aset bank sentral akan menjadi tidak akomodatif terhadap 2018 karena laju pertumbuhan regional dan tren inflasi kembali setelah periode penurunan harga.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here