Bursa Tokyo 5 Juli Berakhir Rebound Terdukung Meningkatnya Permintaan Saham Siklis

718
indeks nikkei

Indeks saham Jepang Nikkei melonjak kembali dari level terendah tiga minggu pada Rabu (05/07) karena permintaan saham siklis mengimbangi kekhawatiran akibat ketegangan pasca peluncuran rudal balistik Korea Utara.

Saham otomotif, saham teknologi dan saham perbankan termasuk di antara saham yang unggul pada hari ini, karena dolar kembali di atas level 113,00 yen di sore hari mengangkat sentimen secara keseluruhan.

Toyota Motor Corp naik 1,6 persen, Nissan Motor Corp menguat 1,7 persen dan Hitachi Ltd menguat 1,3 persen.

Mizuho Financial Group naik 1,3 persen dan Sumitomo Mitsui Financial Group menambahkan 1,2 persen.

Indeks Nikkei ditutup dengan kenaikan 49,28 poin, atau 0,25 persen pada level 20.081,63.

Namun kenaikannya terbatas, dengan pasar A.S. ditutup karena libur hari kemerdekaan pada 4 Juli, sementara investor tetap berhati-hati karena ketegangan geoplitik di Semenanjung Korea.

Pada sesi ini, industri pertahanan tetap tertekan, setelah melonjak pada hari sebelumnya, atas tanggapan peluncuran rudal Korea Utara.

Ishikawa Seisakusho Ltd, pembuat peralatan pertahanan termasuk ranjau darat, melemah -3,9 persen setelah mengumpulkan sekitar 20 persen hari sebelumnya. Nippon Avionics Co merosot -2,5 persen menyusul kenaikan hari sebelumnya sebesar 5,6 persen.

Pasar akan mencerna data risalah pertemuan The Fed dinihari nanti. Jika risalah The Fed mendukung penguatan ekonomi akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan bergerak naik jika penguatan dollar AS terealisir yang berarti melemahkan Yen.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here