Indeks Shanghai 5 Juli Menguat Terangkat Kenaikan Saham Asuransi

788

Bursa Tiongkok naik pada hari Rabu (05/07), dipimpin oleh kenaikan kuat di perusahaan asuransi, selain itu pasar terangkat oleh sebuah dokumen kebijakan pemerintah yang mempromosikan penggunaan uang pensiun komersial di pasar modal.

Indeks Shanghai naik 16,20 poin, atau 0,51 persen pada level 3199,00.

Dana pensiun komersial didorong untuk berinvestasi di saham dan obligasi untuk memberikan dukungan yang stabil jangka panjang untuk perkembangan pasar modal Tiongkok yang sehat, sebuah dokumen kebijakan tertanggal 4 Juli dari kabinet Tiongkok.

Kebijakan tersebut diharapkan dapat membawa lebih banyak dana jangka panjang ke pasar saham, menguntungkan saham blue-chips dan disukai oleh investor institusi yang mencari fundamental yang solid.

Pasar saham mendapat dukungan dari langkah Tiongkok untuk menaikkan kuota di bawah skema Renminbi Foreign Institutional Investor (RQFII) untuk Hong Kong menjadi 500 miliar yuan, atau 73,59 miliar dolar A.S. untuk memenuhi permintaan alokasi aset yuan oleh investor Hong Kong.

Sebagai pelopor untuk mempromosikan internasionalisasi yuan, Hong Kong memperoleh kuota 270 miliar yuan berdasarkan skema RQFI pada tahun 2011 untuk memfasilitasi investasi asing lintas batas.

Saham keuangan memimpin kenaikan pada perdagangan saham sesi pagi. Saham New China Life Insurance mencapai level tertinggi 18 bulan sebelum berakhir 6,7 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Shanghai akan bergerak menguat karena terdukung kebijakan pemerintah terkait penggunaan dana pensiun bagi warga Tiongkok.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here