Pertumbuhan Bisnis Juni Zona Eropa Melambat

770

Bisnis zona Eropa kehilangan beberapa momentum di bulan Juni namun mencatat kinerja terbaik mereka pada kuartal terakhir dalam lebih dari enam tahun.

Indeks Bisnis Markit PMI untuk zona Eropa adalah 56,3 di bulan Juni, turun dari 56,8 Mei namun dengan mudah mengalahkan perkiraan flash sebesar 55,7. Indeks ini sudah di atas angka 50 yang membagi pertumbuhan dari kontraksi sejak pertengahan 2013.

Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit mengatakan angka utama PMI masuk di atas perkiraan flash sebelumnya dan akibatnya hanya memberi sinyal sedikit kehilangan momentum pertumbuhan pada akhir kuartal kedua.

Williamson mengatakan pembacaan terakhir mengindikasikan ekonomi zona Eropa yang tumbuh 0,7 persen pada kuartal kedua, lebih cepat dari tingkat 0,5 persen yang diprediksi dalam jajak pendapat Reuters bulan lalu.

Mempertimbangkan momentum bisa kembali bulan ini, backlogs kerja meningkat karena bisnis baru selama bulan Juni masuk pada tingkat tercepat kedua dalam lebih dari enam tahun. Sub-indeks menyentuh hingga 56,0 dari 55.9 Mei.

“Penurunan di PMI pada bulan Juni tentu tidak terlihat seperti perlambatan, dorongan tambahan pada gambaran sehat adalah sifat dasar kenaikan yang ditunjukkan pada pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja dan harga,” kata Williamson.

PMI sebelumnya dari empat negara ekonomi besar di blok tersebut di Jerman, Prancis, Spanyol dan Italia menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat pada kuartal kedua secara keseluruhan.

PMI yang meliput industri jasa dominan blok tersebut turun menjadi 55,4 dari bulan sebelumnya 56,3 namun berada di depan pembacaan kilat 54,7.

Memperlihatkan bisnis tetap percaya diri, mereka mempercepat perekrutan bulan lalu. Indeks ketenagakerjaan layanan naik menjadi 53,9 dan hanya lebih tinggi satu kali – pada bulan Maret – sejak awal 2008.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here