Pertumbuhan Jasa dan Bisnis Tiongkok Melambat di Bulan Juni

817

Indeks layanan PMI Caixin Tiongkok pada hari Rabu (05/07) menunjukkan pertumbuhan melambat pada bulan Juni, karena volume pesanan baru melemah, namun terus menunjukkan kenaikan permintaan.

Indeks Aktivitas Bisnis Juni turun di 51,6, turun dari level tertinggi bulan Mei di 52,8, dengan rilis dari Caixin dan PMI oleh IHS Markit mengatakan bahwa hal itu menunjukkan peningkatan lebih lanjut dalam aktivitas sektor jasa.

Level di atas 50 memberi sinyal ekspansi, sementara level di bawah 50 mengindikasikan kontraksi.

Namun sementara itu mengisyaratkan ekspansi, ini adalah level terlemah kedua dalam 13 bulan terakhir, kata rilis tersebut, mencatat bahwa sementara beberapa panelis yang disurvei mengatakan peningkatan penjualan telah mendorong aktivitas, yang lain mengindikasikan pertumbuhan pesanan baru yang lemah dan kesulitan untuk mengamankan pinjaman.

Itu kurang antusias dibanding layanan resmi PMI untuk bulan Juni, yang dirilis pekan lalu, yang naik menjadi 54,9 dari 54,5 Mei.

PMI Caixin cenderung berfokus pada perusahaan swasta yang lebih kecil, sementara data resmi cenderung berfokus pada perusahaan yang lebih besar dan seringkali milik negara.

Sementara data PMI manufaktur cenderung lebih diawasi, perubahan Tiongkok terhadap konsumsi domestik dan jauh dari pertumbuhan yang didorong oleh investasi berarti sektor jasa menyumbang sebagian besar ekonomi daratan. Sektor jasa meliputi industri konsumen seperti real estat, ritel dan liburan.

PMI Komposit Caixin Tiongkok, yang mencakup manufaktur dan jasa, turun menjadi 51,1 di bulan Juni, dari 51,5 Mei, ekspansi paling lambat dalam setahun.

Untuk bulan Juni, indeks Purchasing Managers ‘Manufacturing resmi China, yang dirilis minggu lalu, meningkat tajam, meningkat menjadi 51,7 di bulan Juni, meningkat dari 51,2 Mei dan mengalahkan perkiraan jajak pendapat Reuters untuk 51,0.

PMI manufaktur Caixin, yang dirilis pada hari Senin, masuk di 50,4, naik dari 49,6 bulan lalu, yang merupakan level terendah 11 bulan, dan mengalahkan perkiraan jajak pendapat Reuters untuk 49,5.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here