Bursa Tokyo 10 Juli Ditutup Naik ke Level Tertinggi Satu Minggu

683
indeks nikkei

Saham Jepang naik ke tertinggi lebih dari satu minggu pada penutupan perdagangan hari Senin (10/07) setelah Wall Street menguat pada hari Jumat, dolar juga menguat terhadap yen di tengah data lapangan kerja A.S. yang memberi kepercayaan lebih pada investor terhadap kekuatan ekonomi A.S.

Indeks Nikkei ditutup dengan menambahkan 151,89 poin, atau 0,76 persen, pada level 20.080,98, ini merupakan level tertinggi sejak 29 Juni.

Analis mengatakan ada permintaan dalam saham siklis seperti produsen mobil dan saham teknologi yang mengambil isyarat dari kenaikan saham A.S.

Kinerja terbaik pada sesi ini adalah sektor transportasi laut, setelah tiga pengirim utama mendirikan perusahaan induk dan perusahaan operasi untuk mengintegrasikan bisnis pelayaran kontainer mereka.

Nippon Yusen KK naik 1,4 persen, Kawasaki Kisen Kaisha naik 2,9 persen dan Mitsui OSK Lines Ltd melonjak 5,0 persen.

Secara keseluruhan sentimen positif setelah pertumbuhan lapangan kerja A.S. melebihi perkiraan, mengangkat dolar terhadap yen. Dolar menguat 0,2 persen pada 114,16 setelah mencapai level tertinggi 114,21 sejak 11 Mei.

Saham teknologi juga memetik hasil yang baik. Advantest Corp naik 1,9 persen, Tokyo Electron naik 2,3 persen dan Panasonic Corp naik 1,8 persen.

Pertumbuhan lapangan kerja A.S. melonjak lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juni dan pengusaha menaikkan jam kerja bagi para pekerja, menunjukkan bahwa Federal Reserve dapat mengikuti rencananya untuk menaikkan suku bunga ketiga tahun ini dan mulai mengurangi neraca meskipun kenaikan upah lesu dan inflasi yang memanas.

Kinerja terburuk ada pada saham perbankan, seperti saham Mitsubishi UFG Financial Group dan Mizuho Financial Group turun -0,6 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei akan bergerak melanjutkan kenaikan jika pasar saham A.S. membukukan penguatan.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here