Bursa Eropa 13 Juli Bergerak Naik Mencerna Laproan Kinerja Emiten Q2

700

Pasar saham Eropa menguat pada hari Kamis karena investor mencerna laporan pendapatan baru dan mennatikan komentar dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen yang akan berpidato di hadapan Kongres untuk hari kedua.

Indeks FTSE bergerak pada 7425.26, naik 8,33 poin atau 0,11%

Indeks DAX bergerak pada 12664.87, naik 38,29 poin atau 0,30%

Indeks CAC bergerak pada 5253.77, naik 31,64 poin atau 0,61%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 10662.80, naik 102,40 poin atau 0,97%

Indeks Pan-European Stoxx 600 adalah 0,12 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor bergerak ke tempat yang positif. Saham sumber daya dasar memimpin kenaikan dalam transaksi awal yang didorong oleh pembicaraan merger di Asia dan pendapatan. Kelompok manufaktur Prancis Alstom melaporkan kenaikan 6 persen pada penjualan kuartal pertama dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu.

Saham ritel juga bergerak menguat di awal perdagangan didorong oleh pendapatan. Selanjutnya, Sports Direct membeli 25,75 persen saham di pengecer video game Game Digital.

Namun, sektor mobil dan perawatan kesehatan bergerak ke arah yang berlawanan. Yang pertama turun 0,55 persen setelah laporan bahwa Daimler dituduh menjual lebih dari 1 juta kendaraan dengan kelebihan emisi. Sahamnya turun 1,7 persen. Perusahaan farmasi AstraZeneca turun 3,7 persen setelah kabar bahwa Chief Executive Pascal Soriot bergabung dengan kelompok obat-obatan Israel. Pemecahan saham Metro, Asos melaporkan kenaikan penjualan sebesar 32%

Melihat saham individual, pengecer Jerman Metro menyelesaikan pembagiannya menjadi dua perusahaan. Metro sekarang hanya terbuat dari bisnis makanan, sedangkan sisi konsumen elektronik telah dinamai Ceconomy.

Di bagian bawah indeks adalah Umicore, perusahaan teknologi bahan multinasional yang berkantor pusat di Brussels. Perusahaan tersebut mendapat rating “keyakinan beli” oleh ABN Ambro, yang mengirim sahamnya hampir 4 persen lebih tinggi.

Peritel online Asos melaporkan kenaikan penjualan sebesar 32 persen dalam empat bulan pertama hingga Juni, namun sebagian besar didorong oleh pelanggan di luar Eropa dan A.S. Saham tersebut turun 1,8 persen pada berita tersebut.

Data akhir pada hari Kamis pagi menunjukkan inflasi year-on-year naik 1,5 persen di Jerman pada bulan Mei, namun hanya 0,8 persen di Prancis.

Investor akan mengawasi komentar lebih lanjut dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen yang akan bersaksi untuk hari kedua mengenai kebijakan moneter lembaga tersebut. Pada hari Rabu, Yellen mengatakan bahwa bank sentral kemungkinan akan mulai mengurangi portofolio sebesar $ 4,5 triliun pada akhir tahun ini namun pidatonya dinantikan terutama oleh banyak pelaku pasar.

Kanselir Jerman Angela Merkel akan pergi ke Prancis untuk bertemu dengan rekannya Emmanuel Macron. Menurut koran bisnis Jerman Handelsblatt, menteri keuangan dari dua negara besar di Eropa akan mempresentasikan sebuah rencana untuk mengkoordinasikan kerangka kerja pajak perusahaan negara tersebut.

Sementara itu, Theresa May menandai ulang tahun pertama kepemimpinannya sebagai perdana menteri Inggris Raya. Tonggak Brexit juga akan dicapai saat Parlemen akan menerbitkan RUU Penolakan, undang-undang yang diperlukan untuk menghapuskan Inggris dari kontrol undang-undang Uni Eropa.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here