Indeks Nikkei 13 Juli Menguat Pasca Komentar Yellen

746
indeks nikkei

Saham Jepang naik tipis pada hari Kamis (13/07) pagi, karena saham teknologi disambut oleh kekuatan di mata uang A.S.

Indeks Nikkei naik 1,43 poin, atau 0,01 persen, pada level 20.099,81 pada sesi perdagangan di tengah hari.

Indeks patokan bertahan pada kisaran yang ketat dengan kenaikan yang terbatas karena dolar melemah terhadap yen setelah kesaksian kongres oleh Janet Yellen dipandang kurang hawkish dari yang diantisipasi beberapa pada pelaku pasar.

Pada hari Rabu, Bank Of Canada menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh tahun, memperkuat tanda-tanda pergerakan oleh bank sentral global utama, termasuk di Eropa dengan sikap yang mengurangi stimulus.

Pada sesi ini beberapa saham-saham kecil mengungguli pasar, seperti Infoteria Corp yang naik 4,4 persen, Mixi Inc menambahkan 0,5 persen sementara perusahaan periklanan digital SoldOut Inc, yang memulai debutnya pada hari Rabu di pasar Tokyo, melonjak 17 persen.

Dolar 0,1 persen lebih rendah pada 113,07 yen setelah kehilangan sekitar -0,7 persen semalam, ketika ditarik kembali dari level tertinggi empat bulan di dekat level 114,49 pada awal pekan ini dengan harapan adanya perbedaan kebijakan moneter A.S. – Jepang.

Sebelum kongres Yellen mengatakan bahwa ekonomi A.S. cukup sehat bagi Fed untuk menaikkan suku bunga dan mulai menurunkan portofolio obligasinya yang besar, meski inflasi rendah dapat meninggalkan bank sentral dengan berkurangnya kelonggaran.

Sektor perbankan melemah setelah hasil A.S. turun, Mitsubishi UFJ Financial Group turun -0,9 persen, Mizuho Financial Group turun -0,7 persen, perusahaan asuransi Dai-ichi Life Holdings turun -0,2 persen.

Saham teknologi menarik minat beli, dengan Tokyo Electron Ltd naik 2,1 persen dan Hitachi Ltd menambahkan 0,9 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks akan bergerak naik dengan penguatan saham-saham lokal.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here