Sinyal Dovish Yellen Mempertahankan Suku Bunga

916

Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa ekonomi A.S. terus berkembang dalam beberapa tahun ke depan, yang memungkinkan bank sentral untuk mempertahankan tingkat suku bunga, sementara juga menekankan pendekatan bertahap untuk diperketat karena the Fed memonitor inflasi yang terlalu rendah.

“Ketidakpastian yang cukup besar selalu hadir dalam prospek ekonomi,” kata Yellen pada hari Rabu dalam sambutannya kepada U.S House Financial Services Committee.

Dalam pidatonya di depan panel, Yellen diajukan berbagai pertanyaan, termasuk pandangannya mengenai hutang nasional, apakah regulator terlalu banyak memasukkan keputusan dewan bank swasta, dan apakah dia akan menerima istilah lain sebagai Fed kursi.

Masa jabatannya saat ini berakhir pada bulan Februari, yang dapat membuat sidang hari Rabu salah satu keputusannya terakhir sebelum komite DPR. Partai Republik menyambut baik diskusi Kebijakan Moneter mengenai kebijakan berbasis peraturan, sementara Demokrat menyoroti perhatian baru Fed mengenai perbedaan ras dalam ekonomi.

Mengenai kebijakan moneter, Yellen tidak menyimpang jauh dari komentar yang dia buat pada sebuah konferensi pers setelah pertemuan kebijakan bulan Juni. Dia terdengar sedikit lebih berhati-hati terhadap prospek inflasi, sambil tetap berpegang pada ekspektasi kenaikan suku bunga lanjutan dan mempertahankan prakarsa untuk mulai mengurangi neraca Fed “relatif segera.”

Dalam sesi tanya-jawab dengan anggota parlemen, Yellen mengindikasikan bahwa Fed sedang melakukan perkiraan awal bahwa periode pertumbuhan moderat yang berkepanjangan terus mereda pada kelonggaran sumber daya dan secara bertahap meningkatkan harga. Namun, Fed mempertimbangkan risiko seputar prospek inflasi, meskipun pengaruh “sementara”, seperti biaya rencana telepon genggam dan resep obat-obatan, terus menekan harga saat ini. Inflasi telah berada di bawah target 2 persen bank sentral untuk sebagian besar dari lima tahun terakhir.

Yellen akan hadir pada hari Kamis di hadapan Komite Perbankan Senat, menyelesaikan kesaksian terakhirnya kepada Kongres sebagai Ketua The Fed, kecuali jika dia dinominasikan kembali oleh Presiden Donald Trump. Masa jabatan Yellen berakhir pada 3 Februari. Dia ditanya beberapa kali tentang apakah dia akan menjalani masa jabatan kedua sebagai Ketua selama dengar pendapat di House.

Penilaian ekonominya sangat optimis. Pertumbuhan pertumbuhan global yang lebih cepat harus mendukung ekspor A.S., kata Yellen, dan pemulihan aktivitas pengeboran harus mendukung investasi bisnis.

Seiring dengan pertumbuhan pekerjaan dan kenaikan pendapatan yang terus berlanjut, “perkembangan ini harus meningkatkan pemanfaatan sumber daya lebih jauh, sehingga mendorong kenaikan upah dan kenaikan harga yang lebih kuat,” katanya.

Yellen mengatakan tingkat kebijakan bank sentral “tidak perlu lagi naik lebih jauh” untuk mencapai tingkat yang menjaga keseimbangan permintaan dan pasokan dalam perekonomian.

Yellen juga menyebutkan bahwa Fed mengantisipasi akan mulai mengurangi neraca keuangannya “tahun ini.” Ukuran neraca setelah proses ini selesai tidak pasti, katanya, sebagian karena permintaan sistem perbankan untuk cadangan belum diketahui.

Dengan ekonomi A.S. yang tumbuh dengan mantap, Fed Yellen secara bertahap menarik diri dari stimulus era krisis. Ini menaikkan suku bunga pada bulan Juni untuk kedua kalinya tahun ini dan meramalkan kenaikan lain di tahun 2017.

Ekspansi A.S. berada di tahun kesembilan dan terus menciptakan lapangan kerja tanpa banyak inflasi. Pengangguran adalah 4,4 persen pada bulan Juni dan pengusaha telah menambahkan rata-rata 187.000 pekerjaan sebulan selama 12 bulan terakhir. Namun permintaan tenaga kerja yang lebih tinggi belum masuk ke dalam upah yang lebih tinggi.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here