Dollar AS Akhir Pekan Lemah Mengabaikan Kenaikan PDB AS

838

Dolar A.S. secara umum melemah pada akhir pekan Sabtu dinihari (29/07) karena kombinasi data ekonomi AS dan ketidakpastian politik membuat para pedagang bias terhadap euro dan mata uang dunia lainnya.

Euro mencapai sesi tinggi setelah rilis produk domestik bruto kuartal kedua AS memperkirakan bahwa sebagian besar memenuhi harapan para ekonom.

Beberapa analis menunjuk kenaikan biaya tenaga kerja A.S. yang lebih kecil dari perkiraan, namun yang lain menyarankan bahwa data tersebut hanyalah alasan bagi pedagang untuk melanjutkan perdagangan dolar yang lemah yang telah mengirim mata uang A.S. lebih rendah untuk sebagian besar tahun ini.

Pertumbuhan produk domestik bruto A.S. meningkat menjadi 2,6 persen pada kuartal kedua, sesuai ekspektasi ekonom yang disurvei oleh Reuters, sementara pertumbuhan pada kuartal pertama direvisi turun menjadi 1,2 persen.

Euro telah meningkat hampir 3 persen terhadap dolar sejauh bulan ini dan lebih dari 11,5 persen di tahun ini. Ini berada di jalur untuk kenaikan mingguan ketiga berturut-turut dan yang keempat dalam lima minggu.

Pada hari Jumat, euro bergerak menguat terhadap dolar, dan terakhir naik 0,7 persen pada $ 1,1756. Pada hari Kamis, euro naik ke level tertinggi terhadap greenback dalam 2-1 / 2 tahun sebelum mundur dalam perdagangan selanjutnya.

Kelemahan dolar telah terbukti paling nyata terhadap euro tahun ini, namun telah jatuh terhadap sebagian besar mata uang utama karena ekspektasi stimulus fiskal A.S. dan kenaikan suku bunga overnight dari Federal Reserve telah mereda.

Kegagalan Senat A.S. untuk melewati pencabutan Undang-Undang Perawatan Terjangkau 2010 semalam juga merugikan greenback, kata para analis.

Dolar turun 0,9 persen menjadi C $ 1,2436 melawan dolar Kanada setelah pertumbuhan PDB Mei Kanada tiga kali lipat dari apa yang diperkirakan ekonom, naik 0,6 persen untuk bulan ini dan 4,6 persen dari tahun ke tahun.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here