Yen Jepang dan Franc Swiss Retreat Terhadap Dollar AS

872

Franc Swiss retreat terhadap dolar AS pada hari Kamis (10/08), namun masih mempertahankan sebagian besar keuntungan besar yang dibuat pada hari sebelumnya karena meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara yang membuat investor mencari aset yang aman.

Terhadap greenback, franc Swiss turun sekitar 0,1 persen menjadi 0,9645 per dolar, telah melonjak sekitar 1,1 persen pada hari Rabu.

Franc Swiss juga telah meningkat lebih dari 1 persen terhadap euro pada hari Rabu, mencatat salah satu lompatan terbesar satu hari terhadap euro sejak Swiss National Bank melepas kenaikannya pada franc Swiss pada Januari 2015.

Swiss franc terakhir berdiri di 1.1332 per euro, turun sedikit pada hari itu.

Yen juga sedikit melemah terhadap dolar, kehilangan beberapa tekanan setelah naik pada hari Rabu ke level tertinggi dalam hampir delapan minggu.

Dolar naik tipis sekitar 0,1 persen menjadi 110,16 yen, naik dari level terendah Rabu di 109,56 yen, yang merupakan level terendah dolar sejak 15 Juni.

Swiss dan yen sering dicari pada saat ketegangan geopolitik sebagian karena kedua negara memiliki surplus neraca transaksi berjalan yang besar.

Jepang adalah negara kreditor terbesar di dunia dan ada anggapan bahwa investor Jepang dapat memulangkan kembali kepemilikan asing mereka pada saat ketidakpastian global yang meningkat.

Kekhawatiran mengenai risiko geopolitik mungkin membuat investor mengurangi taruhan bearish terhadap yen dan franc Swiss, kata analis.

Ketegangan masih tetap tinggi, dengan media pemerintah Korea Utara mengatakan pada hari Kamis bahwa Korea Utara akan mengembangkan sebuah rencana pada pertengahan Agustus untuk meluncurkan rudal jarak menengah di wilayah A.S. di Guam.

Laporan yang luar biasa rinci tentang rencana serangan oleh kantor berita resmi KCNA Korea Utara menandai eskalasi ketegangan antara Pyongyang dan Washington setelah Presiden AS Donald Trump memperingatkan Korea Utara awal pekan ini bahwa pihaknya akan menghadapi “api dan kemarahan” jika mengancam Amerika Serikat .

Di tempat lain, dolar Selandia Baru melonjak sebentar setelah Reserve Bank of New Zealand mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya masih memperkirakan inflasi akan meningkat secara bertahap seiring dengan meningkatnya tekanan kapasitas, menggagalkan beberapa ekspektasi, hal itu akan membuat nada yang lebih dovish mengingat data ekonomi baru-baru ini.

RBNZ, yang mempertahankan suku bunga tidak berubah pada rekor terendah 1,75 persen, juga mengatakan bahwa dolar Selandia Baru yang lebih rendah diperlukan untuk meningkatkan inflasi yang dapat diperdagangkan dan membantu memberikan pertumbuhan yang lebih seimbang.

Dolar Selandia Baru melonjak di atas $ 0,7370 setelah rilis pernyataan kebijakan moneter. Kiwi kemudian melanjutkan beberapa kenaikan dan terakhir bertahan di $ 0,7350, bertahan di atas level terendah tiga minggu di hari Rabu di $ 0.7309.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dollar AS berpotensi turun jika ketegangan geopolitik AS-Korea Utara terus memanas. Namun jika ketegangan mereda dan data ekonomi AS nanti malam terealisir baik, akan menguatkan dollar AS.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here