Dong Vietnam, Mata Uang Paling Stabil Di Asia

712

(Vibiznews – Forex) – Pengiriman uang dari para pekerja Vietnam yang bekerja di luar negeri telah membantu menjaga agar mata uang tetap stabil dan memungkinkan bank sentral untuk fokus mendukung pertumbuhan ekonomi, kata seorang pejabat senior.

Nguyen Hoang Minh, wakil kepala Bank Sentral Vietnam di Ho Chi Minh, mengatakan pengiriman uang ke dalam negeri diperkirakan akan meningkat 10 persen menjadi $ 5,5 miliar tahun ini, membantu memastikan pasokan mata uang asing cukup. Ibukota Vietnam, Ho Chi Minh, pusat ekonomi Vietnam, menyumbang sekitar 60 persen dari total arus masuk remittance tahun lalu.

Sumber devisa utama Vietnam pada tahun 2016 menurut data pemerintah, berasal dari ekspor $ 176 miliar, investasi asing langsung $ 15,8 miliar, pengiriman uang dari pekerja luar negeri $ 9 miliar

Vietnam adalah satu dari hanya segelintir bank sentral Asia yang kebijakan moneter tahun ini tidak ada perubahan yang berarti, yang secara tak terduga memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam tiga tahun di bulan Juli. Pemerintah pimpinan Partai Komunis sedang berjuang untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi 6,7 persen tahun ini. Data ekonomi Vietnam menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,7 persen pada semester pertama tahun ini

Dong Vietnam telah muncul sebagai salah satu mata uang Asia yang paling stabil tahun ini. Sementara yang lain seperti baht Thailand dan ringgit Malaysia telah melonjak dan peso Filipina telah jatuh, dong bergerak datar.

Vietnam adalah negara anggota ASEAN yang telah mengalami perubahan selama bertahun-tahun dari sebuah ekonomi pertanian ke sebuah pusat manufaktur elektronik, yang menarik investasi dari perusahaan seperti Samsung Electronics Co. Dan telah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, meningkat lebih dari 6 persen dalam dua tahun terakhir.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here