Dolar AS Naik Tertinggi 1 Bulan Terdorong Optimisme Reformasi Pajak AS

704

Dolar AS naik ke level tertinggi lebih dari satu bulan terhadap sekeranjang mata uang pada akhir perdagangan Kamis dinihari (28/09), terdorong optimisme reformasi pajak A.S.

Indeks dolar, yang mengukur mata uang terhadap enam mata uang utama, naik 0,48 persen pada 93,41, setelah menyentuh 93,607, tertinggi sejak 23 Agustus.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Rabu mengusulkan perombakan pajak A.S. terbesar dalam tiga dasawarsa, menawarkan untuk memotong pajak bagi kebanyakan orang Amerika namun mendorong kritik bahwa rencana tersebut menguntungkan orang kaya dan perusahaan dan dapat menambahkan triliunan dolar defisit.

Proposal tersebut akan menurunkan tingkat pajak penghasilan badan, memotong pajak untuk bisnis “pass-through”, mengurangi tingkat pajak penghasilan tertinggi untuk orang Amerika perorangan dan memangkas beberapa potongan pajak yang digunakan secara luas termasuk yang menguntungkan orang-orang di negara-negara dengan pajak tinggi yang didominasi oleh Demokrat.

Berita data barang modal utama A.S. yang lebih baik dari perkiraan mendorong greenback, yang telah meningkat pada hari Selasa setelah Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan bahwa bank sentral perlu melanjutkan kenaikan suku bunga secara bertahap meskipun ada ketidakpastian yang luas mengenai jalur inflasi.

Pesanan baru untuk barang modal buatan A.S. meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus dan pengiriman mempertahankan tren kenaikannya, yang mengarah pada kekuatan ekonomi yang mendasar bahkan saat Badai Harvey dan Irma cenderung meredam pertumbuhan.

Euro mencapai level terendah lebih dari satu bulan karena menguatnya dolar AS dan hasil pemilihan Jerman mendorong investor untuk mengambil keuntungan pada salah satu perdagangan mata uang berkinerja terbaik tahun ini.

Dolar Kanada melemah mendekati level terendah empat minggu terhadap dolar A.S. setelah Gubernur Bank of Canada Stephen Poloz menyampaikan catatan hati-hati mengenai ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dollar AS berpotensi naik dengan harapan kenaikan suku bunga AS dan optimisme reformasi pajak AS. Namun perlu dicermati aksi profit taking, juga perkembangan ketegangan geopolitik AS-Korea Utara.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here