Dollar Surut dari Level 3,5 Bulan Tertinggi vs Yen, Pilihan Calon Pimpinan the Fed Membatasi Dollar

523
yen usdjpy

(Vibiznews – Forex) – Mata uang dollar surut dari level 3,5 bulan tertingginya terhadap yen dan juga turun terhadap euro pada pasar hari Kamis, menjelang pengumuman U.S. tax bill setelah ada penundaan satu hari. Dollar sempat tergelincir 0,25 persen ke level 113,920 yen (2/11).

Dollar telah menguat sekitar 0,5 persen di sesi pasar sebelumnya dan mendekati 114.450, level tertingginya sejak 11 Juli, didukung oleh data ekonomi AS yang optimis dan prospek kenaikan suku bunga Desember yang menguat.

The Fed membiarkan suku bunga tetap seperti yang telah diperkirakan secara luas, dengan demikian semakin mempertajam ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga akhir tahun dengan menyoroti pertumbuhan ekonomi “solid” dan penguatan pasar tenaga kerja, demikian dilansir dari CNBC (2/11).

 

Laporan swasta tentang ketenagakerjaan AS yang kuat di hari Kamis merupakan data terbaru dalam deretan indikator kuat yang mendukung upaya the Fed untuk menormalkan kebijakan moneternya.

Kemajuan dolar, bagaimanapun, agak dibatasi karena faktor lainnya berkaitan dengan kebijakan fiskal dan moneter AS yang sekarang menjadi fokus perhatian pasar.

“Dollar didukung oleh pernyataan the Fed namun dampaknya terbatas karena keputusan dan pernyataannya menghasilkan sedikit saja kejutan,” kata seorang senior strategist dari Barclays di Tokyo.

“Kemungkinan (Gubernur Fed Jerome) Powell dinominasikan sebagai pimpinan the Fed berikutnya itu membatasi pergerakan dollar. Penundaan dalam pengumuman tagihan pajak juga merupakan tanda potensial adanya pertengkaran internal,” tambahnya yang dikutip CNBC.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana untuk menunjuk Gubernur Powell, yang dianggap kurang hawkish dibandingkan kandidat lainnya, sebagai ketua Federal Reserve, sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan pada hari Rabu. Pengumuman ini diharapkan muncul pada Kamis ini.

Sementara itu, euro 0,35 persen beranjak lebih tinggi, sempat di $1,1670, terkhir di posisi $1,1637.

Analis Vibiznews melihat siang ini (WIB) di sesi pasar Eropa pergerakan dollar agak tenang dan dalam koreksi di level 94,66. Range jangka pendeknya antara 94,44 – 95,15. Pasar kelihatannya agak mixed, dengan bias pada penguatan dollar menuju ke level 95 kembali.

 

Source: CNBC

Analis: J. John

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here