Bursa Eropa Negatif Tergerus Kemerosotan Minyak Mentah

675

(Vibiznews – Index) Bursa Eropa tenggelam ke dalam wilayah negatif pada hari Rabu (15/11) terpukul kemerosotan harga minyak mentah.

Indeks FTSE bergerak pada 7361.78, turun -52.64 poin atau -0.71%

Indeks DAX bergerak pada 12888.35, turun -145.13 poin atau -1.11%

Indeks CAC bergerak pada 5276.29, turun -39,29 poin atau -0,74%

Indeks Pan-European Stoxx 600 tergelincir 0,9 persen, dari posisi terendah sesi, sementara sebagian besar sektor kecuali telekomunikasi bergerak ke posisi merah.

Sumber daya dasar adalah pecundang teratas dalam transaksi sore, dipengaruhi oleh penjualan ritel dan angka produksi industri yang lebih rendah dari perkiraan pada hari Selasa. Harga logam turun pada hari Rabu, yang menambahkan tekanan ekstra pada saham pertambangan. Glencore, Anglo American dan BHP Billiton semuanya masing-masing turun 2 persen atau lebih. Produsen tembaga Aurubis turun hampir 5,5 persen.

Sektor minyak dan gas mengikuti di belakang, turun 1,7 persen karena harga minyak yang lebih lemah. Brent dan WTI keduanya turun hampir 1 persen pada pukul 2:30 malam. Waktu London, diperdagangkan sekitar $ 61,64 dan $ 55,15 per barel. Penurunan ini terjadi setelah sebuah laporan dari Badan Energi Internasional yang memproyeksikan permintaan minyak yang rendah untuk tahun ini dan tahun depan.

Melihat saham individual, Barrat Development turun jauh ke dalam zona merah, meski mengumumkan kenaikan total penjualan di atas 8,4 persen. Pembuat rumah tangga asal Inggris tersebut juga mengatakan bahwa mereka yakin dapat memberikan kinerja operasi yang baik di tahun keuangan 2018.

Pembuat karet Jerman Lanxess turun 5,5 persen setelah melaporkan laba bersih kuartal ketiga lebih rendah dari tahun lalu.

Sementara itu, penambang potash K + S merosot lebih dari 5,5 persen, setelah laba operasi dan pendapatan kuartal ketiga gagal memenuhi ekspektasi pasar.

Di sisi lain, Airbus diperdagangkan lebih tinggi setelah menerima pesanan pesawat 430 dari Indigo Partners. Cobham naik lebih dari 3,5 persen sebelum mengupas keuntungan, setelah mengeluarkan sebuah pernyataan perdagangan yang mengatakan bahwa kinerjanya untuk tahun ini tetap tidak berubah.

Altice dan Leonardo naik ke puncak STOXX 600 pada Rabu, karena kedua saham bangkit kembali dari posisi terendah yang terlihat dalam sesi terakhir. Bryan Garnier juga menempatkan rating “beli” pada Altice.

Dalam berita perusahaan lainnya, Volkswagen mengatakan bahwa otoritas pajak dan jaksa menggerebek kantor kepala keuangan perusahaan, kepala HR, dan chairman pada hari Selasa. Beberapa file dan komputer disita, menurut Reuters. Saham produsen mobil lebih rendah pada perdagangan sore.

Dari sisi data, harga konsumen di Prancis meningkat 1,2 persen pada bulan Oktober secara tahunan dan 0,1 persen secara bulanan, sejalan dengan angka awal.

Di tempat lain, lapangan kerja di Inggris turun paling banyak selama lebih dari dua tahun di bulan Juli sampai September, pertanda bahwa perlambatan Brexit dapat berpengaruh pada penciptaan lapangan kerja Inggris, demikian lapor Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak negatif dengan merosotnya harga minyak mentah.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here