Euro Meluncur ke Terendah 2 Bulan vs Yen, Ketidakpastian Politik di Jerman

517

(Vibiznews – Forex) – Euro mencapai level terendah dua bulannya terhadap yen pada perdagangan hari Senin ini, karena usaha Kanselir Jerman Angela Merkel untuk membentuk pemerintah koalisi tiga pihak gagal, hal ini meningkatkan kekhawatiran akan ketidakpastian politik di ekonomi terbesar zona euro (20/11).

Merkel mengatakan pada hari Senin bahwa dia akan bertemu dengan presiden Jerman tersebut untuk memberitahukan kepadanya bahwa dia telah gagal membentuk pemerintah koalisi dengan Partai Hijau dan Demokrat Liberal yang pro-bisnis (FDP).

Euro tergelincir di awal perdagangan sesi Asia setelah berita tentang rincian pembicaraan koalisi di antara partai-partai Jerman mencapai pasar, namun kemudian agak terpangkas kerugiannya.

Terhadap yen, euro terakhir turun 0,4 persen pada hari ini di 131,65 yen. Euro sempat tergelincir menjadi 131,16 yen, level terlemah sejak pertengahan September.

Euro turun 0,4 persen pada hari ini (Senin siang WIB) ke $1,1733. Sempat tergelincir ke level $1.1722 di awal perdagangan pasar Asia, amblas dari level tertinggi satu bulannya di $1,1862 yang dicapai pada Rabu pekan lalu.

Analis Vibiznews melihat euro dalam tekanan menuju ke level support yang memang agak jauh di $1,1621. Kalau tren ini berlanjut kemungkinan dalam beberapa hari ke depan di minggu ini level tersebut baru tersentuh.

 

Analyst: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here