Rupiah Lanjut Melemah di Hari Ketiga ke Rp13.585, Dollar AS Terkoreksi Setelah Rally 6 Hari

435

(Vibiznews – Forex) – Dalam pergerakan pasar uang Rabu pagi dan siang ini (13/12), nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) terpantau bergerak melemah kembali di hari yang ketiga berturut-turut, sementara dollar AS hari ini terlihat agak terkoreksi setelah menguat enam hari berturut-turut. Rupiah terhadap dollar AS siang hari WIB ini terpantau melorot ke level Rp 13.585 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.567.

Analis Vibiznews melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar terlihat dibuka stabil di Rp 13.565, kemudian bergerak melemah sampai ke level Rp 13.589, dan terakhir terlihat balik lagi di posisi Rp 13.585. Melemah-nya rupiah bersamaan dengan rally-nya dollar walau pagi ini agak terkoreksi sembari memperhatikan hasil pertemuan the Fed pada ini.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang ini turun ke level 93,97, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 94,22.

Sementara itu, IHSG hari Rabu siang ini terpantau melemah tipis, tidak jauh dari penutupan kemarin, dan saat ini turun terbatas -4,70 poin di area 6.027,23, setelah dibuka melemah di 6.027,44.

Dollar AS terhadap rupiah selama enam hari terakhir bergerak cenderung menguat dalam rally menuju ke arah Rp 15.600’an. Dalam pandangan analisis Vibiznews, dollar nampaknya sedang terus di jalur penguatan menjelang kenaikan suku bunga the Fed dan prospek lolosnya reformasi pajak.

 

Analyst: J. John

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here