Dolar AS Merosot 3 Bulan Terendah Memulai Tahun 2018

505

(Vibiznews – Forex) Dolar AS merosot ke titik terendah dalam lebih dari tiga bulan pada akhir perdagangan Rabu dinihari (03/01), terpengaruh ekspektasi laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat oleh Federal Reserve di tengah gambar inflasi A.S. yang lemah.

Penurunan dolar melanjutkan momentum 2017, kinerja tahunan terlemah dolar AS dalam 14 tahun.

Analos mengatakan investor tetap skeptis terhadap prospek Fed untuk tiga kenaikan suku bunga tambahan tahun ini, terutama mengingat latar belakang inflasi yang sangat lembut di A.S.

Pergerakan dolar juga terhambat karena banyak bank sentral utama di dunia seperti Bank of England dan European Central Bank bergerak menuju normalisasi kebijakan moneter mereka sendiri.

Indeks dolar menyentuh pelemahan 3,5 bulan di 91.751 dan terakhir turun 0,29 persen pada 91,85. Untuk tahun 2017, indeks dolar turun lebih dari 9,8 persen, tahun terlemah sejak 2003.

Sementara itu, Euro terdukung optimisme gambaran ekonomi yang cerah di zona Eropa. Pada 2017, mata uang tunggal tersebut mencatat tahun terkuatnya terhadap dolar sejak 2003 karena ekonomi Eropa menguat dan ekspektasi tumbuh bahwa ECB akan menurunkan stimulus moneter.

Euro naik untuk memulai tahun baru, naik ke level tertinggi hampir empat bulan di $ 1,2082. Itu terakhir naik 0,39 persen pada $ 1,2055.

Pabrikan zona Eropa mengakhiri 2017 dengan meningkatkan aktivitas pada laju tercepat dalam lebih dari dua dekade, sebuah survei menunjukkan pada hari Selasa, dan meningkatnya permintaan menunjukkan bahwa mereka akan memulai tahun baru dengan harga tinggi.

Juga meningkatkan euro adalah sebuah komentar dari pejabat ECB selama akhir pekan. Benoit Coeure dari ECB mengatakan pada akhir pekan bahwa dia melihat “peluang masuk akal” pembelian obligasi bank tidak akan diperpanjang melampaui bulan September.

Terhadap yen, dollar turun 0,35 persen menjadi 112,25. Yen terus mendapat keuntungan dari rilis minggu lalu dari risalah Bank of Japan.

Risalah tersebut menunjukkan beberapa anggota mempertimbangkan untuk memperketat kebijakan moneter jika ekonomi terus membaik di tahun depan, yang akan menjadi pergeseran strategi yang signifikan bagi bank sentral yang dianggap terakhir untuk mengeluarkan lebih banyak kebijakan moneter.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan bergerak lemah dengan kehati-hatian investor mencermati rencana kenaikan suku bunga AS dan pelaksanaan reformasi pajak AS. Namun potensi kenaikan tetap ada dengan aksi bargain hunting memanfaatkan penurunan dolar AS.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here