Menantikan Program Infrastruktur $ 200 Miliar Pemerintahan Trump

975

(Vibiznews – Economy) Ekonomi Amerika Serikat selalu menjadi perhatian dan acuan dunia. Apa yang terjadi dengan ekonomi AS dapat mempengaruhi pergerakan pasar keuangan dan bisnis dunia.

Gedung Putih berencana merilis program infrastruktur yang telah lama ditunggu pada hari Senin, memenuhi janji kampanye Presiden Donald Trump. Proposal tersebut mencakup $ 200 miliar dalam pengeluaran infrastruktur negara selama satu dekade, yang akan dibayar melalui pemotongan di tempat lain dalam anggaran.

Bagian terbesar dari rencana Gedung Putih adalah usulan $ 100 miliar yang akan tersedia untuk negara bagian dan kota dalam bentuk dana yang sesuai untuk proyek infrastruktur, menurut pejabat Gedung Putih yang berbicara kepada pers mengenai latar belakang akhir pekan ini. Bagaimanapun, pendanaan federal akan mengcover 20 persen dari keseluruhan biaya proyek yang diberikan, membuat kota-kota dan negara bagian bertanggung jawab untuk meningkatkan 80 persen lainnya.

Pejabat mengatakan bahwa rencana tersebut dirancang untuk merangsang investasi infrastruktur baru senilai $ 1,5 triliun, namun mereka tidak mempertimbangkan bagaimana negara bagian dan kota akan meningkatkan dana delapan puluh persen lainnya untuk proyek baru.

Proposal tersebut juga mencakup $ 50 miliar untuk proyek infrastruktur pedesaan, yang akan didistribusikan ke negara-negara dalam bentuk hibah blok. Sebanyak $ 20 miliar juga akan disisihkan untuk membiayai proyek-proyek mutakhir yang dianggap terlalu berisiko untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan dana tradisional, namun berpotensi mengubahnya jika berhasil. Sebesar $ 20 miliar lainnya akan digunakan untuk memperluas program pinjaman saat ini untuk kemitraan publik-swasta.

Menurut Gedung Putih, satu program pembiayaan tertentu, yang dikenal sebagai The Transportation Infrastructure Finance and Innovation Act (TIFIA), memanfaatkan setiap dolar uang federal menjadi rata-rata $ 40 dari sumber lain. Jadi dengan alasan ini, tambahan $ 20 miliar untuk program pembiayaan TIFIA diharapkan dapat menghasilkan $ 800 miliar investasi infrastruktur baru.

Bagian utama kedua dari rencana tersebut melibatkan reformasi terhadap proses perizinan federal, yang bertujuan untuk mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan proyek infrastruktur untuk mendapatkan persetujuan. Berdasarkan rencana Gedung Putih, peraturan perundang-undangan lingkungan saat ini akan “disederhanakan” – untuk menggunakan istilah administrasi – untuk mengakomodasi berbagai proyek infrastruktur.

Rincian rencana tersebut telah beredar di Washington selama berminggu-minggu, dan Demokrat di Kongres telah meluncurkan sebuah rencana infrastruktur alternatif yang meminta pengeluaran federal $ 1 triliun, atau lima kali lipat dari apa yang disarankan oleh pemerintahan Trump.

Selama akhir pekan, pejabat Gedung Putih menekankan bahwa banyak tujuan dalam rencana Trump menikmati dukungan bipartisan yang luas, satu-satunya halangan adalah bagaimana mencapainya. Namun, mereka mengakui bahwa setidaknya ada 10 komite yang berbeda di Kongres akan memiliki yurisdiksi atas satu atau lebih pemotongan proposal, kecuali menjamin proses legislatif yang panjang.

Trump dijadwalkan menjadi tuan rumah baik pemimpin Demokrat maupun Republikan di Gedung Putih pada hari Rabu untuk membahas proposal infrastruktur.

Akankah program infrastruktur ini memberikan dorongan optimisme ekonomi AS? Jika ya, di satu sisi dapat mendorong peningkatan bursa Wall Street yang berefek mendorong bursa global menguat. Namun di sisi lain juga dapat meningkatkan dolar AS, yang berarti menekan mata uang pesaing lainnya dan pasar komoditas.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here