Pinjaman Baru Bank Tiongkok Januari Naik 5 Kali Lipat

1620

(Vibiznews – Economy) Bank-bank Tiongkok memperpanjang rekor 2,9 triliun yuan ($ 458,3 miliar) dalam pinjaman yuan baru pada bulan Januari, naik hampir lima kali lipat pada bulan sebelumnya karena para pembuat kebijakan bertujuan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang solid sambil mengekang risiko hutang.

Sementara bank-bank Tiongkok cenderung melakukan pinjaman dengan beban di awal tahun ini untuk mendapatkan pelanggan dengan kualitas lebih tinggi dan memenangkan pangsa pasar, angka yang tinggi bahkan lebih tinggi daripada perkiraan paling bullish oleh para ekonom dalam sebuah jajak pendapat Reuters.

Pinjaman baru bersih melampaui rekor sebelumnya sebesar 2,51 triliun yuan pada Januari 2016, yang kemungkinan akan mendukung pertumbuhan tidak hanya di Tiongkok namun dapat mendukung likuiditas secara global karena bank-bank sentral Barat mulai menarik stimulus.

Analis yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan pinjaman yuan baru sebesar 2 triliun yuan, naik tajam dari 584,4 miliar yuan pada bulan Desember.

Perincian data pinjaman yang lebih rinci pada hari Senin menunjukkan permintaan kredit yang tajam dari kedua rumah tangga dan perusahaan, meningkat dengan baik untuk konsumsi dan investasi.

Pinjaman korporasi melonjak menjadi 1,78 triliun yuan dari 243,2 miliar yuan pada Desember, sementara kredit rumah tangga naik menjadi 901,6 miliar yuan pada Januari dari 329,4 miliar yuan pada Desember, menurut perhitungan Reuters berdasarkan data bank sentral.

Beijing berada di tahun kedua dorongan peraturan untuk menekan aktivitas keuangan berisiko yang didorong oleh kenaikan utang yang cepat.

Namun pihak berwenang terus berjalan dengan hati-hati dan menjaga likuiditas secara luas mendukung untuk menghindari hambatan tajam pada ekonomi terbesar kedua di dunia atau volatilitas pasar keuangan yang berlebihan.

Pasokan uang M2 yang luas juga mengalahkan ekspektasi, tumbuh 8,6 persen pada Januari dari tahun sebelumnya, data bank sentral menunjukkan pada hari Senin. Para ekonom memperkirakan tingkat pertumbuhan akan naik menjadi 8,4 persen dari 8,2 persen pada Desember.

Data lain minggu lalu telah melukiskan gambaran ekonomi yang agak beragam pada awal tahun ini, dengan tekanan inflasi mereda – kemungkinan menunjukkan aktivitas pelunakan – namun pertumbuhan impor dan ekspor lebih baik dari perkiraan.

Secara keseluruhan, data kredit dan perdagangan yang lebih kuat tampaknya masih mendukung pandangan konsensus bahwa Tiongkok hanya akan melihat kemunduran sederhana dalam pertumbuhan PDB menjadi sekitar 6,5 persen tahun ini, setelah diprediksi ramalan 6,9 persen pada 2017.

Pinjaman yuan yang luar biasa tumbuh 13,2 persen di bulan Januari dari tahun sebelumnya, juga lebih cepat dari perkiraan kenaikan 12,5 persen dan dibandingkan dengan kenaikan 12,7 persen di bulan Desember.

Tahun lalu total pinjaman baru Tinogkok mencapai rekor 13,53 triliun yuan, 7 persen lebih banyak dari rekor sebelumnya di tahun 2016.

Lonjakan kredit didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat, pasar properti yang kuat dan tindakan keras terhadap pinjaman bayangan berisiko, yang memaksa bank mengalihkan beberapa pinjaman ke neraca mereka.

Sejak dimulainya tahun 2017, regulator Tiongkok telah mengumumkan langkah-langkah untuk membujuk lembaga keuangan guna mengurangi aktivitas dan leverage yang lebih berisiko, menargetkan semuanya mulai dari tingkat pinjaman antar bank hingga perdagangan obligasi, sertifikat deposito dan pinjaman yang dapat dipercaya.

Selain itu, PBOC telah dengan hati-hati menyentuh suku bunga pasar uang, yang paling baru di bulan Desember, namun tingkat suku bunga juga perlahan merayap lebih tinggi karena regulator tampaknya akan bertahan dengan kampanye “de-risking” saat ini jauh lebih lama daripada kebijakan. tindakan keras di masa lalu

Upaya tersebut tampaknya membuahkan hasil. Jumlah produk pengelolaan kekayaan intelektual (WMPs) yang beredar hanya tumbuh 1,7 persen tahun lalu, dibandingkan dengan kenaikan 24 persen di tahun 2016. Banyak dari produk ini memiliki hubungan yang kuat dengan sektor bayangan yang kurang terorganisir.

Analis memperkirakan pihak berwenang akan meningkatkan usaha mereka tahun ini, dengan fokus pada hutang pemerintah daerah, meningkatnya tingkat hutang perusahaan dan rumah tangga dan berurusan dengan perusahaan “zombie”.

Pada hari Senin, perencana negara mengeluarkan peraturan baru untuk perusahaan yang berencana menerbitkan obligasi untuk memberi tekanan lebih besar pada pemerintah daerah yang sarat utang untuk mendapatkan keuangan mereka secara berurutan.

Namun analis mengatakan masih perlu melakukan reformasi struktural untuk mengendalikan hutang korporasi yang membengkak, yang telah mencapai tingkat yang IMF dan yang lainnya telah memperingatkan dengan tajam meningkatkan risiko krisis keuangan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here