Jeff Bezos, Boss Amazon, Menjadi Orang Terkaya di Dunia

584

(Vibiznews – Economy & Business) Boss Amazon Jeff Bezos saat ini menjadi orang terkaya di dunia, setelah merebut posisi teratas dari pendiri Microsoft Bill Gates, demikian menurut daftar milyarder tahunan majalah Forbes yang diterbitkan pada hari Selasa (6/3).

Berkat kenaikan 59 persen saham Amazon selama 12 bulan terakhir, Bezos hampir melipatgandakan kekayaannya, membawanya memiliki kekayaan mencapai $ 120 miliar, jauh di depan Gates yang $ 90 miliar.

Tokoh investor legendaris Warren Buffett di peringkat nomor tiga, diikuti oleh industrialis Prancis Bernard Arnault, yang melompat ke orang terkaya keempat dari tempat nomor 11 sebelumnya, sebagian besar berkat kekuatan euro terhadap dolar, kata majalah tersebut.

Mark Zuckerberg dari Facebook berada di posisi kelima dalam daftar.

Dua milyarder Tiongkok naik di antara 20 orang terkaya di dunia: Ma Huateng, CEO raksasa internet China Tencent yang merupakan orang terkaya di Asia dan nomor 17 di dunia, dan pendiri Alibaba Jack Ma.

Sekarang ada 2.208 milyarder di dunia menurut perhitungan Forbes, dan nilai gabungan mereka adalah $ 9,1 triliun, naik 18 persen dari tahun lalu.

AS memiliki milyarder paling banyak (585), diikuti oleh Tiongkok (373).

Daftar Forbes memuat 259 pendatang baru, termasuk miliarder cryptocurrency pertama.

Sementara itu kondisi politik, mendorong orang keluar dari daftar terkaya, termasuk ke-10 orang Arab Saudi, kata majalah tersebut.

Peringkat Presiden AS Donald Trump di posisi 766 dari 544 di edisi terakhir, kekayaannya sekarang diperkirakan mencapai $ 3,1 miliar, $ 400 juta kurang dari setahun yang lalu.

image : youtube

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here