Rupiah Bergerak Terbatas di Sekitar Rp13.762 vs Dollar Rabu Ini

571

(Vibiznews – Forex) – Dalam pergerakan pasar uang Rabu siang ini (7/03), nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) bergerak terbatas, sementara dollar AS juga agak terkoreksi di pasar global. Rupiah terhadap dollar AS hari ini terpantau stabil dan menguat tipis di level Rp 13.762 dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang di Rp 13.768. Secara umum masih di sekitar level rupiah dua tahun terlemahnya.

Analis Vibiznews melihat untuk hari ini perdagangan rupiah vs dollar terlihat dibuka stabil di Rp 13.770, kemudian bergerak menguat sampai ke level Rp 13.748, dan terakhir siang ini terlihat di posisi Rp 13.762. Agak menguatnya rupiah, walau masih di sekitar level lemahnya, terjadi sementara dollar terkoreksi di pasar global dalam dua hari terakhir oleh isyu kemungkinan munculnya perang dagang.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang WIB ini menurun tipis ke level 89,50, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 89,58.

Sementara itu, IHSG hari Rabu siang ini terpantau semakin melorot dengan melemah -1,23% atau -79,73 poin di sekitar level 6.420,39 setelah dibuka stabil di 6.500,96.

Dollar AS terhadap rupiah hari ini terlihat masih dalam fase konsolidasi bersamaan dengan dollar di pasar global yang juga agak terkoreksi oleh isyu kemungkinan perang dagang antara A.S. dan mitra dagangnya. Dalam pandangan analisis Vibiznews, kondisi penguatan yang hanya terbatas dalam lemahnya rupiah ini dipicu oleh banyaknya dana asing pasar modal yang keluar karena sentiment negative di bursa saham. Dari sekitar level 2 tahun terlemahnya, kisaran rupiah minggu ini pada Rp13640 – Rp13855 terhadap dollar AS.

 

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here