Ekspor Februari Tiongkok Melonjak Tak Terduga; Surplus Perdagangan Melebar

669

(Vibiznews – Economy & Business) Ekspor Tiongkok melonjak tak terduga pada bulan Februari, yang selanjutnya memperlebar surplus perdagangan globalnya pada saat pemerintahan Trump telah memberikan fokus khusus pada defisit perdagangannya dengan Beijing.

Ekspor Tiongkok melonjak 44,5% di bulan Februari dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai mengatakan pada hari Kamis (08/03). Ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal telah memperkirakan kenaikan 8,5%. Pada saat yang sama, kenaikan impor 6,3% lebih kecil dari perkiraan pasar.

Itu berarti neraca perdagangan Tiongkok secara keseluruhan melebar menjadi $ 33,74 miliar bulan lalu, naik dari $ 20,34 miliar di bulan Januari. Ekonom yang melakukan penutupan bisnis untuk Tahun Baru Imlek diperkirakan telah memperkirakan impor akan melebihi ekspor sebesar $ 5,4 miliar.

Pertumbuhan ekspor yang jauh lebih tinggi dari perkiraan menunjukkan bahwa permintaan global cukup kuat, yang dapat terus menawarkan dukungan besar bagi ekonomi Tiongkok tahun ini, demikian menurut para analis.

Presiden Donald Trump telah menarik kekhawatiran perang dagang global dengan rencana untuk menaikkan tarif untuk produk baja dan aluminium impor dari pada oposisi luas dari mitra dagang A.S. dan juga anggota parlemen A.S. Pada hari Rabu, Trump menyampaikan tweetnya : “China telah diminta untuk mengembangkan sebuah rencana untuk tahun pengurangan Satu Miliar Dolar dalam Defisit Perdagangan besar-besaran mereka dengan Amerika Serikat.”

Surplus perdagangan Tiongkok dengan A.S. menyempit menjadi $ 20,96 miliar di bulan Februari dari $ 21,9 miliar di bulan Januari. Tiongkok mengekspor $ 31,7 miliar barang ke A.S., mewakili 18,5% dari total ekspornya.

Sementara Tiongkok memproduksi setengah dari baja dunia, sebagian besar tidak pernah meninggalkan negara tersebut dan dampak dari tarif A.S. yang diusulkan pada pembuat baja Tiongkok pada akhirnya diperkirakan kecil.

Namun, A.S. masih merupakan pasar terbesar bagi eksportir Tiongkok, dan pejabat Tiongkok telah berhati-hati dalam menanggapi langkah pertama Trump.

Tahun lalu, pemulihan ekonomi dan permintaan global membantu Tiongkok mencatat kenaikan pertumbuhan tahunan untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Perencana utama China mengatakan awal pekan ini bahwa mereka mengharapkan perdagangan luar negeri mempertahankan pertumbuhan stabil tahun ini, dengan ekspor berkontribusi 8% sampai 9% terhadap pertumbuhan PDB, sebuah langkah yang sama dengan tingkat tahun lalu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here