Bursa Asia Bergerak Positif Mengikuti Bursa Wall Street

607

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia memulai awal yang kuat untuk minggu ini pada Senin (12/03), mengikuti kenaikan bursa Wall Street.

Indeks Nikkei 225 naik 1,69 persen atau 361,14 poin, setelah mencatat kenaikan di atas 400 poin sebelumnya. Indeks Topix yang lebih luas naik 1,34 persen, dengan kenaikan terlihat di semua 33 sektor indeks.

Sementara indeks Kospi Korea Selatan menguat pada 0,95 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong menguat 1,29 persen atau 399,36 poin, karena saham energi dan teknologi memimpin kenaikan. Indeks saham kapital besar Tencent naik 2,19 persen.

Pasar Tiongkok juga diperdagangkan lebih tinggi, namun dalam kenaikan yang lebih tipis: Indeks Shanghai naik tipis 0,23 persen dan Indeks Shenzhen bertambah 0,67 persen.

Indeks S & P / ASX 200 naik 0,81 persen. Kenaikan tersebut dipimpin oleh sub sektor bahan dan energi, yang masing-masing naik 1,74 persen dan 1,39 persen, sementara produsen emas turun 1,5 persen.

Produsen baja menjadi fokus setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan tweet pada hari Jumat bahwa dia membahas dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull untuk memastikan bahwa Australia tidak akan menghadapi tarif baja dan aluminium A.S. Saham Bluescope Steel naik 3,52 persen.

Sementara itu, produsen baja asal Jepang dan Korea Selatan pulih setelah meluncur pada sesi terakhir. Indeks Topix Iron and Steel naik 1,4 persen di pagi hari, dengan JFE Holdings naik 0,69 persen pada awal perdagangan. Sementara itu, Posco dan Hyundai Steel masing-masing naik 2,32 persen dan 1,37 persen.

Trump telah menandatangani proklamasi untuk mengenakan tarif 25 persen dan 10 persen untuk impor baja dan aluminium pekan lalu, meskipun pintu dibiarkan terbuka untuk pembebasan potensial.

Ketiga indeks utama bursa A.S. mencatat kenaikan sekitar 1,7 persen pada rilis data pekerjaan yang kuat. Komposit Nasdaq, khususnya, mencapai kedua intraday dan penutupan tertinggi pada hari Jumat.

Data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan bahwa ekonomi A.S. menambahkan 313.000 pekerjaan bulan lalu, di atas perkiraan 200.000 dalam jajak pendapat Reuters. Namun pertumbuhan upah, naik 2,6 persen secara tahunan, berada di bawah ekspektasi.

Angka penciptaan lapangan kerja yang solid dan pertumbuhan upah yang lebih rendah dari perkiraan mengurangi kekhawatiran tentang lintasan kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Dalam mata uang, indeks dolar, yang melacak mata uang A.S. terhadap sekeranjang pesaing, diperdagangkan pada 90.106 pukul 9:33 a /. HK / SIN.

Terhadap yen safe haven, dolar stabil di 106,72, setelah menguat pekan lalu pada perkembangan geopolitik mengenai hubungan Korea Utara-Korea Utara. Mata uang Jepang juga mendapat tekanan setelah komentar dari Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda pada hari Jumat dilihat sebagai dovish oleh pasar.

Dolar Australia terakhir diperdagangkan pada $ 0,7864.

Dalam pasar komoditas, harga minyak memperpanjang kenaikan setelah terpental pada sesi terakhir dari penurunan baru-baru ini. West Texas Intermediate AS naik 0,39 persen menjadi diperdagangkan pada $ 62,28 per barel setelah menetap 3,19 persen lebih tinggi pada hari Jumat. Minyak mentah Brent berjangka naik 0,46 persen menjadi diperdagangkan pada $ 65,79.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan bergerak positif terbantu penguatan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here