Sterling Taklukkan Euro dan Dolar AS

783

(Vibiznews – Forex) Euro naik pada hari Senin (19/03) setelah laporan Reuters bahwa pejabat Bank Sentral Eropa mengalihkan perdebatan mereka dari pembelian obligasi ke jalur suku bunga, menghidupkan kembali perkiraan bahwa ECB dapat menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Sterling mendorong ke level tertingginya terhadap euro dalam lebih dari lima minggu dan terhadap dolar dalam lebih dari sebulan, karena Inggris dan Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk masa transisi pasca-Brexit dan perbatasan Irlandia.

Perdebatan di antara para pembuat kebijakan ECB semakin meningkat tentang kecuraman jalur tingkat suku bunga, karena mengingat lambannya inflasi, lima sumber yang memiliki pengetahuan langsung mengenai diskusi tersebut kepada Reuters.

Mata uang tunggal berakhir naik 0,47 persen, di $ 1,2345.

Namun euro melemah terhadap pound pada bantuan atas perkembangan terakhir dalam kesepakatan antara Inggris dan Uni Eropa, yang mengangkat optimisme tentang pemisahan yang lebih halus Inggris dari blok perdagangan.

Sterling terakhir naik 0,17 persen pada 87,95 sen per euro. Itu naik 0,69 persen, di $ 1,4035.

Kekuatan euro dan sterling memberikan tekanan pada dolar karena para pedagang berspekulasi apakah Federal Reserve mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga lebih cepat dalam beberapa bulan mendatang karena pasar tenaga kerja semakin ketat. Komite Pasar Terbuka Federal, kelompok penetapan kebijakan bank sentral, akan bertemu pada hari Selasa dan Rabu.

Harga berjangka menyiratkan pedagang memiliki harga penuh dalam kenaikan suku bunga yang akan menaikkan target kisaran menjadi 1,50 persen menjadi 1,75 persen.

Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang, turun 0,43 persen menjadi 89,85.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS masih bergerak lemah dengan menguatnya Sterling dan Euro. Namun dolar AS berpeluang menguat menjelang  pertemuan The Fed minggu ini yang diperkirakan akan menaikkan suku bunga AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here