Mata Uang Safe Haven Menguat Terpicu Ketegangan Perang Dagang AS-Tiongkok

1031

(Vibiznews – Forex) Yen Jepang melaju ke level tertingginya dalam lebih dari 16 bulan dan Franc Swiss melonjak pada hari Jumat seiring meningkatnya ancaman perang dagang yang mendorong investor untuk berlindung di mata uang berimbal hasil rendah.

Dolar AS jatuh ke level terendah 104,655 pada hari Jumat, level terendah dolar AS sejak November 2016. Dolar terakhir turun 0,5 persen pada 104,80 yen.

Kenaikan tinggi yen terjadi karena pasar keuangan terguncang oleh kekhawatiran atas meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China.

Presiden AS Donald Trump menandatangani memorandum presiden pada hari Kamis yang akan menargetkan hingga $ 50 miliar dalam produk China dengan tarif, tetapi hanya setelah periode konsultasi 30 hari yang dimulai setelah daftar barang diterbitkan.

Terhadap sekeranjang pesaingnya, dolar berada di jalur untuk jatuh 0,2 persen, mengambil kerugian mingguan menjadi sekitar 0,6 persen, penurunan terbesar dalam sebulan.

Franc Swiss juga merupakan pemenang penting lainnya di pasar mata uang minggu ini dengan kenaikan 0,6 persen.

Dalam mata uang lainnya, sterling relatif stabil di latar belakang KTT Uni Eropa dengan mata uang Inggris berpindah tangan pada $ 1,4107.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan mata uang safe haven seperti Yen dan Franc Swiss berpotensi naik dengan meningkatnya kekuatiran perang dagang AS-Tiongkok.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here