Trump Kenakan Tarif Impor Hingga $ 50 Miliar Bagi Barang Teknologi China

1077

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump menandatangani memorandum eksekutif pada hari Kamis (23/03) yang akan memberlakukan tarif pembalasan hingga $ 50 miliar dalam impor China.

“Ini adalah yang pertama dari banyak tindakan perdagangan, kata Trump, seperti yang dilansir CNBC ketika dia menandatangani memo itu.

Langkah-langkah baru tersebut dirancang untuk menghukum China atas praktik perdagangan yang menurut pemerintahan Trump melibatkan pencurian kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan Amerika. Mereka terutama akan menargetkan produk-produk tertentu di sektor teknologi di mana China memiliki keunggulan atas AS.

Langkah-langkah baru ini mengikuti apa yang disebut investigasi 301 yang dipimpin oleh Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer ke dalam praktik perdagangan China yang berpotensi tidak adil dengan AS.

Kantor Lighthizer akan menerbitkan daftar produk yang ditargetkan dalam 15 hari, dan akan ada periode 30 hari untuk komentar publik, menurut pejabat pemerintah senior.

Laporan Perwakilan Perdagangan AS yang belum dirilis mencakup 1.300 lini produk, kata pejabat pemerintah.

Intinya, kata direktur perdagangan Trump, Peter Navarro, pada hari Kamis, adalah bahwa AS secara strategis membela diri terhadap agresi ekonomi. Presiden sedang membela perusahaan-perusahaan Amerika, tambahnya.

Lighthizer mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Kamis, bagaimanapun, bahwa China kemungkinan akan membalas terhadap tarif dengan menargetkan produk pertanian AS yang bergantung pada pasar ekspor China.

Pemerintahan Trump sebelumnya mengisyaratkan bahwa tarif akan berlaku untuk setidaknya $ 30 miliar dalam impor Tiongkok, beberapa outlet berita dilaporkan. Trump sendiri telah mendorong $ 60 miliar dalam tarif untuk barang-barang Tiongkok.

Dalam Komite Keuangan Senat pada hari Kamis sebelum pengumuman Trump, Lighthizer menguraikan produk-produk Tiongkok yang akan dikenakan tarif baru, termasuk aeronautika, rel modern, kendaraan energi baru dan produk berteknologi tinggi.

Trump akan mempertimbangkan tindakan lebih lanjut terhadap Tiongkok dalam dua minggu, berdasarkan efek dari fase pertama dari tarif, CNBC melaporkan Rabu, mengutip sumber. Presiden dilaporkan prihatin tentang beratnya dampak tindakan baru pada universitas-universitas Amerika.

Pemerintahan Trump secara teratur menyoroti surplus $ 375 miliar Tiongkok dengan AS sebagai bukti hubungan perdagangan yang tidak adil.

Lighthizer mengatakan bahwa defisit perdagangan jangka panjang sampai taraf tertentu mencerminkan distorsi pasar” dan mereka memiliki efek negatif pada pekerja dan bisnis AS.”

Ketua komite itu, Texas Republican Kevin Brady, mengatakan kepada CNBC pada hari Kamis bahwa presiden harus berhati-hati dalam pendekatannya terhadap tarif baru pada barang-barang Tiongkok.

Kementerian luar negeri Tiongkok pada hari Kamis berpendapat bahwa tidak boleh dihukum jika tidak mau membeli apa yang dijual AS.

Lighthizer juga menyarankan agar AS dapat mengambil tindakan terhadap Organisasi Perdagangan Dunia karena dugaan kegagalannya dalam mempromosikan lanskap perdagangan yang lebih adil. The Wall Street Journal melaporkan pada hari Selasa bahwa pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan kemungkinan gugatan terhadap kebijakan WTO yang mencakup perdagangan China.

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan kepada wartawan sebelumnya pada hari Kamis bahwa tarif akan dipatok menjadi sekitar $ 50 miliar dalam impor Tiongkok.

Pembatasan perdagangan baru memperburuk kekhawatiran memicu perang perdagangan global yang dibangkitkan setelah Trump menandatangani perintah eksekutif memberlakukan tarif yang luas pada baja dan aluminium pada 8 Maret.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pengenaan tarif perdagangan AS terhadap China dapat memicu aksi balasan dari Tiongkok, dan hal ini akan memicu kekuatiran pasar keuangan dunia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here