Bursa Eropa Akhir Pekan Tertekan Kekuatiran Perang Dagang

649

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa ditutup melemah tajam pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat malam (23/03), karena meningkatnya kekhawatiran perang dagang mengguncang pasar global.

Indeks FTSE berakhir pada 6921.94, turun -30.65 poin atau -0.44%

Indeks DAX berakhir pada 11886.31, turun -213.77 poin atau -1.77%

Indeks CAC berakhir pada 5095.22, turun -71.99 poin atau -1.39%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,9 persen, karena indeks mengikuti jejak kerugian di AS.

Mobil-mobil Eropa memimpin kerugian, turun 1,9 persen di tengah meningkatnya kekhawatiran perang perdagangan. Presiden Donald Trump bergerak ke arah tuduhan anti-Cina yang dijanjikan pada Kamis, memicu respon keras dari Beijing.

Dalam saham individu, saham Indivior tertekan 21 persen segera setelah bel pembukaan setelah pengadilan AS memutuskan mendukung pesaing. Namun, pembuat pengobatan ketergantungan opioid Suboxone Film dengan cepat memulihkan sebagian besar kerugiannya setelah kelompok itu mengatakan akan melawan putusan itu. Saham Indivior 6,2 persen lebih rendah.

Next adalah pemenang langka di Stoxx 600, melonjak ke puncak patokan Eropa setelah komentar optimis dari CEO rantai pakaian Inggris Simon Wolfson. Perusahaan melaporkan penurunan 8 persen dalam laba tahunan pada 2017, mengatakan itu adalah tahun paling menantang yang dihadapi perusahaan dalam 25 tahun. Meskipun demikian, meskipun memproyeksikan penurunan ketiga berturut-turut tahun ini, sahamnya lebih dari 7,6.

GlaxoSmithKline juga diperdagangkan lebih tinggi setelah menarik diri dari penawaran untuk bisnis kesehatan konsumen Pfizer. Perusahaan itu mengikuti panas di tumit Reckitt Benckiser, yang menarik minatnya awal pekan ini. Saham GlaxoSmithKline naik hampir 3,3 persen di tengah berita.

Di Wall Street, saham jatuh karena investor mempertimbangkan tanggapan Beijing terhadap tarif AS atas barang-barang Cina.

Memorandum Trump yang mengajukan dakwaan hingga senilai $ 50 miliar produk China disambut dengan peringatan China tentang tarif pembalasan yang menargetkan $ 3 miliar barang AS. Otoritas China mengatakan mereka dapat menekan 128 produk AS dengan tarif sebagai jawaban.

Trump mengatakan pajak itu dimaksudkan untuk menghukum China karena diduga mencuri kekayaan intelektual Washington.

Presiden AS juga mengumumkan pengecualian untuk Uni Eropa dan enam negara lain, setidaknya untuk sementara, dari tarif baja dan aluminium.

Di Italia, partai-partai politik mencari cara untuk mengamankan kesepakatan parlemen pada hari Jumat, tetapi pemerintah baru jauh dari disatukan setelah pemilihan yang tidak meyakinkan awal bulan ini. Parlemen Italia akan terbuka untuk pertama kalinya sejak pemungutan suara 4 Maret.

Para pemimpin Eropa melanjutkan pertemuan hari kedua mereka di Brussels.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa masih akan tertekan kekuatiran perang dagang AS-Tiongkok.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here