Bursa Eropa Berakhir Menguat 1 Persen; Saham GlaxoSmithKline Melonjak 5 Persen

645

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa berakhir lebih tinggi pada Selasa malam (27/03) dengan meredanya kekhawatiran atas perang perdagangan global.

Indeks FTSE berakhir pada 7000.14, naik 111.19 poin atau 1.61%

Indeks DAX berakhir pada 11970.83, naik 183.57 poin atau 1.56%

Indeks CAC berakhir pada 5115.74, naik 49.46 poin atau 0.98%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 ditutup lebih tinggi 1,16 persen dengan setiap sektor bergerak ke wilayah positif. Saham teknologi adalah pemain terbaik, naik sekitar 2 persen.

Secara keseluruhan pendorong utama sentimen pasar adalah berita bahwa AS dan China terbuka untuk membahas masalah yang terkait dengan perdagangan. Berita itu muncul setelah meningkatnya ketegangan antara negara adidaya dan ketakutan akan perang dagang potensial. Gedung Putih sedang mencari pengurangan tarif pada mobil impor serta meminta China untuk mengizinkan kepemilikan mayoritas perusahaan jasa keuangan asing sebagai imbalan karena tidak memaksakan harga lebih tinggi pada berbagai barang impor Cina.

Investor juga mengawasi kondisi politik setelah beberapa negara Eropa memutuskan untuk mengusir banyak diplomat Rusia setelah dugaan serangan saraf di wilayah Amerika Serikat pada mantan mata-mata Rusia. AS juga memerintahkan Senin pengusiran 60 diplomat dan Australia dua lainnya, menambahkan bahwa itu juga bisa memboikot Piala Dunia sepak bola musim panas ini di Rusia.

GlaxoSmithKline mengakhiri hari di puncak Euro Stoxx 600, menyelesaikan 4,8 persen lebih tinggi. GlaxoSmithKline membeli Novartis dari kemitraan perawatan kesehatan konsumennya seharga $ 13 miliar, mengambil alih produk termasuk pasta gigi Sensodyne, tablet sakit kepala Panadol, dan patch Nicotinell. Analis percaya bahwa merger akan meningkatkan pembayaran pemegang saham.

Peritel makanan Prancis, Casino Guichard, naik lebih dari 4 persen. Perusahaan itu bergabung dengan Amazon untuk membawa belanjaannya ke pelanggan Amazon Prime Now. Layanan ini akan dimulai tahun ini di Paris.

Perusahaan produk pemanasan dan pipa Ferguson juga naik 6,7 persen ke atas FTSE 100 setelah melaporkan hasil setengah tahun. Perusahaan membukukan pendapatan berkelanjutan sebesar 10,3 persen di depan tahun lalu, Reuters melaporkan.

Sedangkan H & M, peritel Swedia mengumumkan laba bersih yang lebih rendah pada kuartal pertama, mengirim saham turun 5,04 persen untuk hari itu.

Sementara itu Deutsche Bank dilaporkan mencari untuk menggantikan John Cryan sebagai kepala eksekutif. Harga saham bank naik 1,14 persen sepanjang hari.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa bursa Eropa berpotensi menguat dengan meredanya kekuatiran perang dagang. Juga akan mencermati pergerakan bursa saham AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here