Bursa Asia Bergerak Positif Mengabaikan Kemerosotan Wall Street

573

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Asia bergerak positif hari Senin siang (09/04), mengabaikan kemerosotan bursa Wall Street setelah seminggu sebagian besar didominasi oleh perkembangan perang perdagangan AS-China.

Indeks Nikkei 225 bergerak naik 0,54 persen pada 21683.74, setelah datar di pagi hari.

Indeks Korea Selatan Kospi naik 0,56 persen pada 2443.15, karena kenaikan di sektor teknologi mengimbangi kerugian yang terlihat di produsen baja, mobil dan keuangan. Samsung Electronics naik 1,61 persen dan Posco turun 1,88 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 1,76 persen pada 30371.02, mengungguli rekan-rekan regionalnya karena saham teknologi dan keuangan menguat dalam kinerja yang kuat.

Indeks komposit Shanghai naik 0,37 persen pada 3142.58.

Sementara itu, indeks ASX 200 Australia turun naik 0,38 persen pada 5810.60. Sektor keuangan dan saham material melemah, meskipun kenaikan terlihat di utilitas dan saham konsumen.

Perdagangan Asia mengabaikan bursa saham AS yang jatuh pada Jumat di tengah kekhawatiran perang perdagangan. Indeks Dow Jones ditutup di wilayah koreksi, jatuh 2,34 persen, atau 572,46 poin, menjadi ditutup pada 23.932,76.

Pasar telah berfokus pada eskalasi retorika terkait perdagangan antara AS dan China dalam beberapa minggu terakhir. Pasar saham AS berada di bawah tekanan setelah Presiden Donald Trump pada hari Kamis mengatakan dia telah menginstruksikan pejabat perdagangan AS untuk mempertimbangkan $ 100 miliar dalam tarif tambahan pada barang-barang Cina.

Sebagai tanggapan, Departemen Perdagangan China mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan “segera membalas dengan tanggapan besar” jika AS melanjutkan rencana untuk memberlakukan tarif pada $ 100 miliar dalam impor Cina.

Investor telah berada di ujung atas bagaimana ketegangan perdagangan yang meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia dapat mengakibatkan perang perdagangan potensial. Itu dapat menghambat pertumbuhan ekonomi global dan keuntungan perusahaan.

Beberapa analis melihat eskalasi sebagai bagian dari taktik negosiasi Trump dan berharap tentang pembicaraan antara kedua negara.

Dalam penggerak individu, saham produsen aluminium Rusal turun 35,78 persen. Perusahaan yang terdaftar di Hong Kong, yang berkantor pusat di Rusia, dimasukkan dalam daftar sanksi AS, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan bergerak positif terdukung bargain hunting investor memanfaatkan penurunan sebelumnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here