Bursa Asia Ditutup di Zona Hijau Mengabaikan Pelemahan Bursa Wall Street

665

(Vibiznews – Index) Bursa Saham di Asia ditutup lebih tinggi pada hari Senin (09/04), mengabaikan penurunan bursa Wall Street.

Indeks Nikkei 225 naik tipis 0,51 persen, atau 110,74 poin, menjadi ditutup pada 21.678,26, setelah sebagian besar perdagangan tanpa arah di pagi hari. Topix yang lebih luas juga menghapus kerugian awal dan berakhir naik 0,38 persen, dengan penurunan subindex minyak dan batubara diimbangi oleh kenaikan di sektor keuangan dan pengecer.

Indeks Korea Selatan Kospi naik 0,6 persen menjadi berakhir pada 2.444,08. Sektor teknologi ditutup sebagian besar lebih tinggi, tetapi kerugian terlihat di produsen baja dan mobil. Samsung Electronics naik 1,65 persen dan Posco berakhir turun 1,88 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,29 persen pada 30229.58, mengungguli rekan-rekan regionalnya karena saham teknologi dan keuangan berada dalam posisi yang kuat menjelang penutupan pasar.

Indeks komposit Shanghai naik 0,26 persen menjadi 3.139,33 dan indeks komposit Shenzhen bertahan di atas garis datar untuk menutup 0,01 persen lebih tinggi pada 1.831,83.

Indeks ASX 200 Australia naik 0,35 persen menjadi 5.808,70 karena semua subindeksnya, dengan pengecualian energi, ditutup di zona hijau.

Kenaikan bursa Asia terjadi meskipun penurunan tajam di saham AS pada Jumat di tengah kekhawatiran perdagangan. Indeks Dow Jones ditutup di wilayah koreksi, jatuh 2,34 persen, atau 572,46 poin, menjadi ditutup pada 23.932,76.

Pasar telah berfokus pada eskalasi retorika terkait perdagangan antara AS dan China dalam beberapa pekan terakhir, meskipun kekhawatiran tampaknya telah mereda selama perdagangan Asia.

Saham AS berada di bawah tekanan pada sesi terakhir setelah Presiden Donald Trump mengatakan dia telah menginstruksikan pejabat perdagangan AS untuk mempertimbangkan $ 100 miliar dalam tarif tambahan pada barang-barang China. Sebagai tanggapan, Kementerian Perdagangan Tiongkok mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan “membalas dengan tanggapan besar” jika AS melanjutkan rencananya.

Trump mengatakan dalam sebuah tweet pada hari Minggu bahwa China akan menghapus hambatan perdagangannya karena itu akan menjadi “hal yang benar untuk dilakukan.” Pasar juga menunggu pidato Presiden China Xi Jinping pada Forum Boao.

Investor telah berada di ujung atas bagaimana ketegangan perdagangan yang meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia dapat mengakibatkan perang perdagangan potensial. Itu bisa pada gilirannya menghambat pertumbuhan ekonomi global dan keuntungan perusahaan.

Namun beberapa analis melihat eskalasi sebagai bagian dari taktik negosiasi Trump dan berharap tentang pembicaraan antara kedua negara.

Dalam penggerak individual, saham produsen aluminium Rusal turun 48,28 persen pada pukul 2:47 siang. HK / SIN. Perusahaan yang terdaftar di Hong Kong, yang berkantor pusat di Rusia, dimasukkan dalam daftar sanksi AS, menurut Reuters.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia selanjutnya akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang dimungkinkan bergerak positif dengan meredanya ketegangan perang dagang AS-Tiongkok.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here