Bursa Asia Ditutup Mixed Mengabaikan Penguatan Bursa Wall Street

723

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup mixed pada hari Rabu (11/04), dengan beberapa pasar regional menyerah meskipun kekhawatiran perdagangan mereda baru-baru ini.

Indeks Nikkei 225 tergelincir setelah ditutup lebih tinggi dalam dua sesi terakhir. Indeks ditutup turun 0,49 persen, atau 107,22 poin, di 21,687.10. Sektor keuangan, produsen minyak dan pengirim meningkat, tetapi penurunan terlihat di sektor barang konsumsi.

Indeks Kospi berakhir lebih rendah sebesar 0,27 persen pada 2.444,22 karena kenaikan yang terlihat pada hari sebelumnya gagal sementara Kosdaq junior naik 0,92 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong berakhir naik 0,55 persen pada 30897.71di belakang keuntungan di sektor energi dan material. Menjelang tutup pasar, indeks lepas dari tertinggi harian di 31.021,12 yang terlihat di awal hari.

Indeks Komposit Shanghai naik 0,56 persen menjadi 3.208,32 dan indeks komposit Shenzhen yang lebih kecil menambahkan 0,53 persen menjadi berakhir pada 1.850,97.

Sedangkan indeks ASX 200 merosot 0,48 persen untuk berakhir pada 5,828.70 karena sebagian besar subindeks ditutup di zona merah, meskipun energi dan bahan naik. Sektor keuangan yang sangat tertekan turun 0,96 persen.

Kenaikan tajam yang terjadi semalam di Wall Street gagal dimanfaatkan selama sesi Asia, dengan pasar di wilayah itu sedikit berubah secara keseluruhan. Indeks luas MSCI saham di Asia Pasifik kecuali Jepang terakhir turun 0,02 persen.

Sementara komentar perdagangan Selasa Presiden China Xi Jinping adalah perkembangan positif, mereka tidak mungkin langsung memecahkan ketegangan perdagangan AS-China, kata analis.

Pasar Asia dan Eropa telah rally pada hari Selasa setelah pedagang melihat harapan untuk menghindari perang dagang dalam pernyataan Xi tentang lebih lanjut membuka ekonomi China. Rencana kebijakan yang digariskan oleh Xi termasuk mengurangi tarif untuk mobil dan meningkatkan perlindungan hak kekayaan intelektual.

Komentar-komentar itu, yang meredakan beberapa kekhawatiran perang perdagangan AS-Cina, meningkatkan sentimen pasar di sesi terakhir, meskipun para analis mengatakan langkah-langkah yang disorot oleh Xi sebagian besar sejalan dengan kebijakan kebijakan sebelumnya.

Dalam saham individu, saham SoftBank Group Jepang melonjak 3,45 persen setelah berita bahwa Sprint, yang dimiliki oleh SoftBank, telah memulai sekali lagi pada pembicaraan merger dengan T-Mobile. Upaya terbaru datang setelah Sprint dan T-Mobile mengakhiri pembicaraan merger pada bulan November.

Di sisi ekonomi, bank sentral China mengatakan akan meluncurkan beberapa langkah yang ditujukan untuk membuka sektor jasa keuangan negara pada akhir tahun. Bank Rakyat China juga mengatakan akan meningkatkan “batas kepemilikan asing menjadi 51 persen dalam sekuritas, manajemen dana, berjangka dan perusahaan asuransi jiwa selama beberapa bulan ke depan,” lapor Reuters.

Juga dicatat, pesanan mesin inti Jepang naik 2,1 persen pada Februari dibandingkan dengan bulan sebelumnya, melampaui perkiraan rata-rata penurunan 2,5 persen dalam survei Reuters.

Malam ini pasar menunggu rilis inflasi AS dan notulen dari Federal Reserve.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang diperkirakan bisa meningkat jika data inflasi Maret AS terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here