Bursa Asia Ditutup Naik Didorong Penguatan Bursa Wall Street

809

(Vibiznews – Index) Pasar Saham di Asia ditutup lebih tinggi pada hari Rabu (18/04), terdukung kenaikan bursa Wall Street menyusul laporan laba emiten Q1 yang kuat.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 naik 1,42 persen, atau 310,61 poin, menjadi ditutup pada 22.158,20 dan Topix yang lebih luas bertambah 1,14 persen. Keuntungan meluas di tengah yen yang lemah, dengan pengecer, minyak dan teknologi di antara sektor yang meningkat.

Di Selat Korea, indeks Kospi naik 1,07 persen menjadi berakhir pada 2.479,98, didorong oleh keuntungan yang terlihat antara lain di saham manufaktur dan keuangan. Sektor teknologi mixed, meskipun saham kapital besar Samsung Electronics melonjak 2,76 persen.

Indeks ASX 200 Australia naik tipis 0,34 persen menjadi berakhir pada 5.861,40 karena sedikit penurunan pada subindex keuangan diimbangi oleh kenaikan yang terlihat pada saham-saham material, energi dan konsumen.

Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup lebih tinggi dengan 0,74 persen pada 30,284.25, dari tertinggi intraday 30,487.17 terlihat di pagi hari.

Pasar Daratan menyelesaikan hari di wilayah positif, dengan indeks komposit Shanghai menghapus kerugian yang terlihat sebelumnya ditutup naik 0,8 persen pada 3,091.31. Indeks Komposit Shenzhen naik 1,08 persen menjadi 1.803,84.

Keuntungan didorong oleh langkah lebih tinggi dalam saham bank setelah bank sentral China mengatakan Selasa memotong rasio persyaratan cadangan sebesar 100 basis poin untuk sebagian besar bank. Analis mengatakan pemangkasan rasio kebutuhan cadangan China mendukung sentimen risiko karena laba bank diperkirakan meningkat dengan biaya pendanaan yang lebih rendah.

Meskipun kenaikan lebih luas, saham otomotif China terpukul setelah Beijing mengumumkan rencana untuk mengurangi pembatasan di pasar mobilnya.

Ketegangan perdagangan baru-baru ini juga meningkat karena investor mencerna pengumuman Selasa bahwa China akan memberlakukan simpanan pada impor sorgum AS. Pengumuman yang dibuat oleh China mencerminkan “sedikit memberi dan menerima” di bagian depan perdagangan, analis ANZ mengatakan.

Peningkatan sentimen di Asia datang di belakang langkah yang lebih tinggi di Wall Street pada hari Selasa, dengan bursa saham AS memperpanjang keuntungan hari sebelumnya karena investor bersorak untuk rilis pendapatan yang kuat.

Penghasilan S & P 500 diperkirakan akan meningkat 18,6 persen pada kuartal ini dibandingkan dengan satu tahun lalu, menurut Thomson Reuters I / B / E / S.

Dalam berita perusahaan, penambang Rio Tinto mengumumkan pengiriman bijih besi Pilbara naik menjadi 80,3 juta ton pada kuartal pertama, meningkat 5 persen dari tahun lalu. Pengiriman Pilbara tahun ini diperkirakan akan tetap antara 330 dan 340 juta ton, kata perusahaan itu. Saham Rio Tinto ditutup naik 1,11 persen.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan mendukung kenaikan minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika harga minyak mentah terealisir positif akan menguatkan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here