Bursa Asia 19 April Berakhir Kuat Terbantu Kenaikan Harga Minyak

880

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Asia ditutup lebih tinggi pada hari Kamis (19/04) terdukung sentimen investor yang membaik setelah saham AS mencatat kenaikan dan harga minyak yang memperpanjang kenaikan setelah melonjak 3 persen lebih tinggi.

Indeks Nikkei 225 bertambah 0,15 persen, atau 32,98 poin, menjadi ditutup pada 22.191,18, dengan sektor material berkontribusi terhadap kenaikan. Indeks memangkas kembali beberapa kenaikan di sore hari setelah menyentuh level tertinggi 7-minggu sebelumnya. Sementara itu, subindex Topix untuk baja dan logam non-besi termasuk di antara sektor berkinerja terbaik, naik masing-masing 2,44 persen dan 2,91 persen.

Di Seoul, indeks Kospi menguat setelah perdagangan awal yang hangat untuk menyelesaikan 0,25 persen lebih tinggi pada 2.486,10 di tengah kenaikan di saham produsen baja dan manufaktur lainnya. Saham teknologi mixed, dengan Samsung Electronics naik 2,76 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,40 persen pada 30708.44, dengan sektor energi melompat 3,73 persen menjelang penutupan pasar karena produsen minyak kapital besar naik di belakang lonjakan harga minyak. Saham material melonjak 4,26 persen sebelum pasar tutup.

Pasar Daratan Tiongkok juga naik, dengan indeks komposit Shanghai menambahkan 0,85 persen menjadi ditutup pada 3,117.55 dan indeks komposit Shenzhen naik 0,6 persen menjadi 1.814,64.

Indeks ASX 200 naik tipis 0,33 persen menjadi berakhir pada 5.881. Saham-saham bahan naik setelah keuntungan semalam di pasar logam pada kekhawatiran sanksi Rusia, dengan saham utama pertambangan Rio Tinto melompat 3,12 persen.

Pergerakan yang lebih tinggi di Asia mengikuti penguatan dari Wall Street, di mana laba yang kuat terus melambungkan pasar. Baik S & P 500 dan komposit Nasdaq membukukan keuntungan tipis pada hari Rabu, meskipun Dow Jones tergelincir, terbebani oleh penurunan saham IBM.

Sekitar 79 persen dari perusahaan S & P 500 yang dilaporkan pada Rabu pagi telah melampaui ekspektasi, menurut Thomson Reuters I / B / E / S.

Harga minyak memperpanjang kenaikan setelah naik ke level terkuat mereka sejak akhir 2014 di sesi terakhir pada data yang menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah AS. Kontrak minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 0,39 persen menjadi diperdagangkan pada $ 68,74 per barel dan minyak mentah Brent berjangka naik 0,49 persen menjadi $ 73,84.

Keuntungan juga datang setelah laporan Reuters, mengutip sumber-sumber, mengatakan Arab Saudi akan senang dengan harga minyak pada kisaran antara $ 80 dan $ 100 per barel.

Di antara penggerak individu, penambang BHP ditutup naik 2,83 persen setelah mengumumkan peningkatan 8 persen dalam produksi bijih besi kuartal ketiga, meskipun juga sedikit memangkas panduan fiskal tahun fiskal 2018 untuk bijih besi.

Di tempat lain, saham Korean Air Line turun 2,91 persen di tengah berita utama Reuters bahwa polisi telah menggerebek kantor perusahaan sebagai bagian dari penyelidikan terhadap putri Ketua Cho Yang-ho.

Sementara itu, pembuat peralatan telekomunikasi ZTE mengatakan akan menunda pelaporan laba kuartal pertama, yang semula jatuh tempo pada hari Kamis, menunggu tinjauan tentang dampak larangan AS terhadap perusahaan, dalam pengajuan ke bursa Hong Kong.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang berpotensi naik jika data jobless claim terealisir melemah.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here