Dolar AS Berakhir Naik Setelah The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap

903

(Vibiznews – Forex) Dolar AS turun dari tertinggi tahunan ke posisi negatif, sebelum berbalik naik kembali pada akhir perdagangan Kamis dinihari (03/05), setelah Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah,

Pada akhir pertemuan dua hari, The Fed AS mengumumkan suku bunga tetap pada 1,75 persen, tetapi tidak menawarkan apa pun untuk menghilangkan ekspektasi pasar bahwa akan menaikkan suku bunga ketika bertemu pada bulan Juni.

Bahasa pekan ini mengindikasikan lebih banyak kemajuan menuju tujuan inflasi 2 persen Ketua Federal Reserve Jerome Powell telah menekankan bahwa ini sehat bagi perekonomian.

“Menaikkan suku bunga terlalu lambat akan dapat membuat kebijakan moneter diperketat secara tiba-tiba, yang dapat membahayakan ekspansi ekonomi,” kata Ketua Fed Jerome Powell dalam pidato bulan lalu. “Tetapi menaikkan suku bunga terlalu cepat akan meningkatkan risiko bahwa inflasi akan tetap di bawah target 2% kami.”

Indeks dolar mencapai tertinggi tahunan 92,718 di awal sesi, tetapi jatuh ke negatif setelah pengumuman the Fed. Ini kemudian memangkas kerugian, menyelesaikan lebih tinggi dari sebelumnya. Dolar AS terakhir berpindah tangan 0,39 persen pada 92,82, level tertinggi sejak 28 Desember.

Terhadap Euro, dolar AS naik 0,43 persen pada 1,1941.

Tumbuhnya keraguan tentang kapan Bank Sentral Eropa akan menormalkan kebijakan moneternya telah menekan Euro terhadap dolar AS dalam beberapa pekan terakhir.

Manufaktur Jerman tumbuh pada laju paling lambat dalam sembilan bulan pada bulan April, survei menunjukkan pada hari Rabu, karena pertumbuhan pesanan baru melambat untuk bulan keempat berturut-turut.

Pound Inggris menguat setelah data menunjukkan bahwa aktivitas konstruksi Inggris rebound lebih cepat dari yang diperkirakan bulan lalu setelah mengalah pada salju pada Maret, meskipun kenaikan tidak banyak mengubah pandangan investor bahwa Bank of England akan meninggalkan suku bunga tidak berubah pekan depan.

Sterling kehilangan 0,38 persen terhadap dolar di 1,3559.

Investor juga fokus pada laporan ketenagakerjaan AS bulan April untuk indikasi lebih lanjut dari kekuatan ekonomi dan tekanan inflasi.

Sore nanti akan dirilis data Inflasi Zona Eropa yang diindikasikan melemah.

Sedangkan malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI April yang diindikasikan melemah. Juga akana dirilis data Balance of Trade Maret yang diindikasikan terjadi penurunan defisit perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS dapat bergerak positif setelah suku bunga AS tidak berubah dan lemahnya data ekonomi Eropa. Namun jika malam ini data ISM Non Manufacturing PMI April terealisir melemah, akan menekan dolar AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here