Bursa Eropa Berakhir Tinggi Terdorong Kenaikan Minyak Mentah

738

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi Rabu malam (09/05), terdukung lonjakan minyak mentah pasca berita bahwa AS menarik diri dari perjanjian nuklir Iran.

Indeks FTSE berakhir pada 7662.52, naik 96.77 poin atau 1.28%

Indeks DAX berakhir pada 12943.06, naik 30,85 poin atau 0,24%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berakhir 0,57 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor dan bursa utama diperdagangkan lebih tinggi.

Saham minyak dan gas adalah sektor berkinerja terbaik, naik lebih dari 2,6 persen pada akhir perdagangan Eropa. Ini didukung oleh berita bahwa AS menarik diri dari kesepakatan Iran. Presiden Donald Trump mengumumkan keputusannya Selasa malam dan menambahkan bahwa sanksi terhadap Iran akan dipulihkan. Menghapus AS dari perjanjian adalah janji kampanye yang dibuat oleh presiden saat menjelang pemilihan 2016.

Akibatnya, harga minyak telah meningkat dengan minyak mentah Brent dan WTI bergerak naik sekitar 3 persen.

Di sisi lain, saham perjalanan dan rekreasi turun 1,1 persen rata-rata. Hal ini disebabkan meningkatnya kekhawatiran atas masalah geopolitik, tetapi juga pendapatan. Khususnya, saham Kompas turun hampir 5 persen setelah perusahaan mengumumkan beberapa dampak pertukaran mata uang asing pada serangkaian hasil terbaru.

Raksasa jaringan di Eropa tampak setelah Vodafone mengumumkan akan membelanjakan 18,4 miliar euro untuk membeli aset Eropa dari Liberty Global dari John Malone. Tunduk pada persetujuan, Vodafone akan membeli operasi Liberty di Jerman, Rumania, Hongaria dan Republik Ceko.

Saham Burberry turun lebih dari 6 persen pada hari Rabu. Merek Inggris kehilangan salah satu pemegang sahamnya – Albert Frere’s Groupe Bruxelles Lambert menjual seluruh sahamnya di perusahaan.

Banca Popolare dell’Emilia Romagna adalah salah satu pemain terbaik di Eropa, naik hampir 6 persen. Ini setelah memposting hasil terbaru dan menerima peningkatan peringkat. Imcd juga lebih tinggi dengan hampir 7,5 persen setelah melaporkan peningkatan 17 persen dalam pertumbuhan EBITA selama kuartal pertama tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang akan bergerak positif jika data inflasi AS terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here