Bursa Eropa Bergerak Kuat Terbantu Kenaikan Harga Minyak

793

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak naik pada Selasa sore (15/05), dengan investor memantau risiko politik dan ekonomi utama sementara harga minyak melompat mendekati tertinggi multi-tahun.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik 0,1 persen selama transaksi sore, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif.

Indeks FTSE bergerak pada 7744.68, naik 33.70 poin atau 0,44%

Indeks DAX bergerak pada 13000.87, naik 23.16 poin atau 0.18%

Indeks CAC bergerak pada 5561,28, naik 20,60 poin atau 0,37%

Sektor perbankan Eropa berada di antara beberapa sektor perdagangan yang lebih tinggi pada hari Selasa, setelah Raiffeisen Bank, Commerzbank, dan Credit Agricole mempublikasikan angka terbaru mereka. Ketiga kreditur itu semua diperdagangkan lebih dari 2 persen lebih tinggi di tengah pendapatan yang lebih baik dari perkiraan selama tiga bulan pertama 2018.

Sementara itu, saham telekomunikasi memimpin kerugian, turun lebih dari 1,5 persen di tengah berita laba.

Perusahaan telekomunikasi Prancis Iliad merosot ke dasar benchmark setelah melaporkan laba yang meleset dari ekspektasi. Saham perusahaan melorot 17 persen selama penawaran makan siang – menyentuh level terendah sejak akhir 2013 – setelah kinerja yang lemah dalam bisnis darat di kuartal pertama.

Vodafone juga diperdagangkan lebih rendah setelah operator seluler terbesar kedua di dunia itu melaporkan bahwa CEO sudah siap untuk mundur pada bulan Oktober. Vittorio Colao akan digantikan oleh Nick Read, direktur keuangan perusahaan sejak 2014. Saham perusahaan turun lebih dari 3 persen di tengah berita.

Melihat saham individu, ThyssenKrupp membukukan laba sesuai dengan harapan tetapi penghematan biaya yang lebih tinggi dan pengeluaran TI yang lebih rendah muncul untuk menutupi kerugian yang mengejutkan di bisnis Solusi Industri yang sedang sakit. Sahamnya turun hampir 5 persen.

Sementara itu, harga minyak memperpanjang kenaikan baru-baru ini setelah OPEC melaporkan bahwa kekenyangan minyak global telah hampir dieliminasi. Minyak mentah berjangka tetap dekat dengan harga tertinggi yang tidak terlihat sejak akhir 2014 di tengah rencana sanksi AS terhadap Iran yang dapat menekan produksi dari Iran.

Di sisi data, mood di kalangan investor Jerman tetap tidak berubah pada level terendah dalam lebih dari lima tahun pada bulan Mei, survei menunjukkan Selasa. Lembaga penelitian ZEW mengatakan survei bulanan menunjukkan pembacaan -8,2 – tingkat terendah sentimen ekonomi sejak November 2012.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika harga minyak mentah terus meningkat. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang bisa melemah jika data Retail Sales AS terealisir menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here