Bursa Eropa Berakhir Mixed; Data Inflasi Zona Eropa Menjadi Perhatian

824

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa ditutup mixed pada Selasa malam (15/05) terpicu kewaspadaan investor memantau risiko politik dan data ekonomi utama, sementara harga minyak mendekati tertinggi multi-tahun.

Indeks FTSE berakhir pada 7722.98, naik 12,00 poin atau 0,16%

Indeks DAX berakhir pada 12970.04, turun -7.67 poin atau -0.06%

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa ditutup 0,1 persen lebih tinggi, dengan bursa utama dan sektor menunjuk ke arah yang berbeda.

Sektor minyak dan gas Eropa memimpin kenaikan, naik sepanjang sore hingga hampir 1 persen. Harga minyak sendiri baru-baru ini mencapai tertinggi multi-tahun menyusul permintaan global yang kuat, ketegangan di Timur Tengah dan ketidakpastian tentang produksi dari eksportir utama Iran. OPEC telah melaporkan bahwa kelebihan minyak global telah hampir dieliminasi.

Layanan keuangan juga berkinerja baik, menutup 0,9 persen. Perusahaan Inggris Hargreaves Landsown memuncaki sektor tersebut untuk menutup hampir 2,5 persen. Menurut Reuters, total aset perusahaan tumbuh 3,1% pada kuartal pertama tahun ini karena permintaan klien yang kuat.

Sementara itu, saham telekomunikasi memimpin kerugian, menutup lebih dari 1,9 persen di tengah berita laba. Perusahaan telekomunikasi Prancis Iliad merosot ke dasar benchmark setelah melaporkan laba yang meleset dari ekspektasi. Saham perusahaan ditutup 19,5 persen lebih rendah – menyentuh level terendah sejak akhir 2013 – setelah kinerja yang lemah dalam bisnis darat pada kuartal pertama.

Vodafone juga diperdagangkan lebih rendah setelah operator seluler terbesar kedua di dunia itu melaporkan bahwa CEO jangka waktunya sudah siap untuk mundur pada bulan Oktober. Vittorio Colao akan digantikan oleh Nick Read, direktur keuangan perusahaan sejak 2014. Saham perusahaan ditutup 4,3 persen di bawah berita.

Sektor perbankan Eropa bangkit kembali dari sedikit kerugian sebelumnya pada sore hari, ditutup naik 0,3 persen. Raiffeisen Bank, Commerzbank, dan Credit Agricole memposting angka terbaru mereka pada hari sebelumnya, dengan ketiga pemberi pinjaman di dekat bagian atas sektor ini di tengah pendapatan yang lebih baik dari perkiraan selama tiga bulan pertama tahun 2018.

Melihat saham individu, ThyssenKrupp membukukan laba sesuai dengan harapan tetapi penghematan biaya yang lebih tinggi dan pengeluaran TI yang lebih rendah muncul untuk menutupi kerugian yang mengejutkan di bisnis Solusi Industri yang sedang sakit. Sahamnya ditutup 6,5 persen di merah.

Di sisi data, mood di kalangan investor Jerman tetap tidak berubah pada level terendah dalam lebih dari lima tahun pada bulan Mei, survei menunjukkan Selasa. Lembaga penelitian ZEW mengatakan survei bulanan menunjukkan pembacaan -8,2 – tingkat terendah sentimen ekonomi sejak November 2012.

Sore hari nanti akan dirilis data Inflation Rate bulan Maret zona Eropa yang diindikasikan melemah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika Inflation Rate bulan Maret zona Eropa terealisir menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here